PENGARUH METODE CERITA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI SMK PESANTREN TERPADU DLANGGU MOJOKERTO

SHALIHIN, SHALIHIN (2019) PENGARUH METODE CERITA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI SMK PESANTREN TERPADU DLANGGU MOJOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img]
Preview
Text
BAB I fik.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II 2.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
BAB III print.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Shalihin, 2018. Judul : Pengaruh Metode Cerita Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Kepedulian Sosial Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I: Ainul Yaqin, M.Pd.I Pembimbing II: Moh Misbakhul Khoir, M.Th.I Hilangnya sikap peduli sosial siswa di lingkungan sekolah dapat dilihat dari rendahnya sikap “tepo seliro” yang ditunjukkan oleh beberapa siswa. Hal tersebut ditunjukkan dari observasi awal yang dilakukan di SMK Pesantren Terpadu Dlanggu yang menunjukkan bahwa banyak siswa yang tidak memberi salam kepada bapak/ibu guru saat sedang berpapasan, tidak saling membantu sesama teman. Selain lingkungan keluarga, lingkungan sekolah juga mempunyai peran penting dalam pembentukan sikap, tingkah laku dan kepribadian anak. Sebelum bersosialisasi kemasyarakat. Model pendidikan harus diciptakan dengan suasana belajar yang harmonis dan gurulah yang menjadi objek ujungtombak keberhasilan kegiatan pembelajaran di sekolah yang terlibat langsung dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut Penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode cerita pembelajaran Aqidah Akhlaq terhadap kepedulian sosial siswa kelas XII di SMK Pesantren Terpadu Dlanggu Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan variabel terikat kepedulian sosial siswa dan variabel bebas metode cerita. Desain penelitainnya yaitu Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Pesantren Terpadu Dlanggu,yang berjumlah 57 siswa dan terdiri dari dua kelas. Kelas XII A berjumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen, dan kelas XII B 27 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa skala, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan bantuan Expert Judgement. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Aqidah Akhlak menggunakan metode cerita memberikan dampak positif signifikan terhadap kepedulian sosial siswa kelas XII SMK Pesantren Terpadu Dlanggu. Hal tersebut ditunjukkan dengan uji t pada post test kelompok eksperimen-kontrol yang menunjukkan perbedaan signifikan antara post test kelompok eksperimen dan kontrol setelah diberikan treatment. Kata Kunci:metode cerita, kepedulian sosial

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: metode cerita, kepedulian sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2019 01:56
Last Modified: 04 Apr 2019 04:13
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item View Item