APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN TANAMAN OBAT HERBAL BERBASIS ANDROID

Mashuri, Achmad Arif, 51404113173 and Rohmah, Mimin Fatchiyatur, 0706067001 and Sugianto, 0723077301 (2019) APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN TANAMAN OBAT HERBAL BERBASIS ANDROID. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Persetujuan publikasi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Keaslian tulisan.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan ragam tumbuhan yang banyak jenisnya. Berbagai jenis tanaman di dunia diperkirakan 60% hidup di indonesia, dengan 20% jenis tanaman yang telah teridentifikasi. Tanaman obat merupakan objek yang sering dilihat di berbagai tempat termasuk di sekitar lingkungan tempat tinggal kita. Banyak sekali tumbuh berbagai jenis tanaman obat yang berkhasiat bagi kesehatan. Namun seiring perkembangan zaman yang semakin maju tidak banyak masyarakat pada umumnya mengetahui bahwa di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka banyak tanaman-tanaman obat herbal yang berguna bagi kesehatan. Di karenakan banyak orang-orang sekarang yang ketika sakit lebih memilih pergi ke dokter langsung dari pada pergi ke tempat pengobatan herbal yang alami, atau meskipun sudah berobat ke klinik pengobatan herbal tapi mereka cenderung hanya menerima obat itu yang lansung jadi tanpa mengerti bahan-bahan atau tanaman obat apa saja yang di gunakan pada obat herbal tersebut. Oleh karena itu dibuat sebuah aplikasi yaitu “APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN TANAMAN OBAT HERBAL BERBASIS ANDROID” dimana pada masa sekarang perlu untuk mengenalkan berbagai jenis tumbuhan khususnya yang berkhasiat bagi kesehatan yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal. Sehingga mereka dapat mengerti dan mengetahui bentuk, nama dan juga manfaat dari macam-macam tanaman obat herbal tersebut. Metode yang dilakukan dalam pembuatan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Tanaman Obat Herbal Berbasis Android ini adalah menggunakan metode Marker. Pembuatan diawali dengan mengumpulkan data tanaman obat yang akan dibuat sebagai model menggunakan software Blender. Perancangan aplikasi Augmented Reality menggunakan software Unity dengan merancang marker yang dibuat menggunakan vuforia SDK dan model 3D tanaman obat yang telah dibuat dengan blender. Fitur yang ada dalam aplikasi ini adalah beberapa jenis tanaman obat yang ditampilkan secara 3D dan juga suara dari penjelasan objek 3D tersebut menggunakan teknologi Augmented Reality.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Marker, Vuforia, Tanaman Obat, Unity 3D
Subjects: T Technology > TR Photography
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Achmad Arif Mashuri
Date Deposited: 16 Jun 2020 22:28
Last Modified: 16 Jun 2020 22:28
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item View Item