Syahputra, Hendrik dwi,51504110051 and Akbar, Ronny Makhfuddin,0709078604 and S, Yanuarini N,0714018304 (2019) APLIKASI PENGENALAN ALAT LABORATORIUM BERBASIS AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS : CV.BUMI INDO). Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (166kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (ImageMagick conversion from text to application/pdf)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
Lampiran-dikonversi.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Laboratoium kimia adalah laboratorium yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan praktiukum yang berhubungan dengan analisa kimia kualitatif (kimia organic, kimia anorganik, dan bikimia) dan kimia kuantitatif (penerapan kadar unsur senyawa, uji mutu maupun quality control). perusahaan sangat menjaga kerahasiaan dari laboratorium sehingga melarang semua orang masuk ke dalam laboratorium dan hanya karyawan laboratorium yang dapat beraktifitas di dalam ruangan.Permasalahan kemudian muncul saat kedatangan customer yang akan melakukan kerjasama dengan perusahaan dan akan melihat aktifitas di dalam laboratorium sehingga manajemen kesulitan dalam melakukan sterilisasi ruangan dan persiapan untuk menyimpan data penting secara mendadak.Berdasarkan latar belakang tersebut penulis membuat sebuah aplikasi berbasis android bernama Augmented Reality Laboratory (ARLab). Arsitektur yang akan di bangun di dalam aplikasi ini terdiri dari beberapa komponen utama yaitu User (pengguna) pengguna dari aplikasi, di samping itu user harus mempunyai sebuah gambar marker yang telah di tetapkan, gambar (marker) telah terdeteksi atau di kenali oleh sitem akan memunculkan sebuah objek 3D berupa alat laboratorium yang merupakan representasi dari peralatan laboratorium yang sesungguhnya, aplikasi ini menggunakan metode markerless dengan gambar dari beberapa sisi dari objek sebagai marker untuk memudahkan perusahaan dalam pengenalan peralatan yang digunakan di dalam sebuah Laboratorium.Setelah di lakukan Validasi fungsionalitas, aplikasi Augmented Reality untuk buku interaktif pada pengenalan peralatan laboratorium pada cv bumi indo dilakukan dengan hasil pengujian yang membuktikan persentase sebesar 100% dan menyatakan bahwa tidak ada kesalahan dalam pembuatan aplikasi dan telah memenuhi kriteria sangat baik.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Markerless, Laboratorium |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Divisions: | Faculty of Engineering > Computer and Information Technology |
Depositing User: | Hendrik Dwi Syahputra |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 22:19 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 22:19 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1174 |
Actions (login required)
View Item |