APLIKASI PENGENALAN ALAT LABORATORIUM BERBASIS AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS : CV.BUMI INDO)

Syahputra, Hendrik dwi,51504110051 and Akbar, Ronny Makhfuddin,0709078604 and S, Yanuarini N,0714018304 (2019) APLIKASI PENGENALAN ALAT LABORATORIUM BERBASIS AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS : CV.BUMI INDO). Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (ImageMagick conversion from text to application/pdf)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Lampiran-dikonversi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Laboratoium kimia adalah laboratorium yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan praktiukum yang berhubungan dengan analisa kimia kualitatif (kimia organic, kimia anorganik, dan bikimia) dan kimia kuantitatif (penerapan kadar unsur senyawa, uji mutu maupun quality control). perusahaan sangat menjaga kerahasiaan dari laboratorium sehingga melarang semua orang masuk ke dalam laboratorium dan hanya karyawan laboratorium yang dapat beraktifitas di dalam ruangan.Permasalahan kemudian muncul saat kedatangan customer yang akan melakukan kerjasama dengan perusahaan dan akan melihat aktifitas di dalam laboratorium sehingga manajemen kesulitan dalam melakukan sterilisasi ruangan dan persiapan untuk menyimpan data penting secara mendadak.Berdasarkan latar belakang tersebut penulis membuat sebuah aplikasi berbasis android bernama Augmented Reality Laboratory (ARLab). Arsitektur yang akan di bangun di dalam aplikasi ini terdiri dari beberapa komponen utama yaitu User (pengguna) pengguna dari aplikasi, di samping itu user harus mempunyai sebuah gambar marker yang telah di tetapkan, gambar (marker) telah terdeteksi atau di kenali oleh sitem akan memunculkan sebuah objek 3D berupa alat laboratorium yang merupakan representasi dari peralatan laboratorium yang sesungguhnya, aplikasi ini menggunakan metode markerless dengan gambar dari beberapa sisi dari objek sebagai marker untuk memudahkan perusahaan dalam pengenalan peralatan yang digunakan di dalam sebuah Laboratorium.Setelah di lakukan Validasi fungsionalitas, aplikasi Augmented Reality untuk buku interaktif pada pengenalan peralatan laboratorium pada cv bumi indo dilakukan dengan hasil pengujian yang membuktikan persentase sebesar 100% dan menyatakan bahwa tidak ada kesalahan dalam pembuatan aplikasi dan telah memenuhi kriteria sangat baik.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Markerless, Laboratorium
Subjects: T Technology > T Technology (General)
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Hendrik Dwi Syahputra
Date Deposited: 16 Jun 2020 22:19
Last Modified: 16 Jun 2020 22:19
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item View Item