Strategi Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak.

AJI SETIAWAN, 51505120003 and Ainul Yaqin, M.Pd.I, 0706017402 and M. Ali Rohmad, M.Pd.I, 0725108601 (2019) Strategi Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrac)
ABSTRAK.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar tabel)
DAFTAR TABEL.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 new.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN LAMPIRAN)
LAMPIRA-2 NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)

Abstract

ABSTRAK Setiawan Aji, 2019. Pengaruh Strategi Problem Baased Learning Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Majapahit. Pembimbing I : Ainul Yaqin, M.Pd.I Pembimbing II : M. Ali Rohmad, M.Pd.I Seorang guru mempunyai tugas yang sangat berat, tidak hanya sekedar mentransfer ilmu tetapi bagaimana peserta didik bisa mengamalkan dalam kehidupan sehari-harinya atas materi akidah akhlak yang disampikan. Seorang guru harus mempunyai kemampuan yang tinggi serta mampu memberikan pelajaran yang efektif, dalam implementasi pemebelajaran problem based learning ada sejumlah kegiatan yang harus dilakukan siswa. Tidak mengharapkan seorang siswa hanya sekedar mendengarkan, mencatat, kemudian mengahafal materi pelajaran, akan tetapi melalui pelajaran problem based learning siswa aktif berfikir, berkomuniasi, mencari dan mengelola data. Dengan demikian peneliti mencoba untuk meneliti dengan judul “Pengaruh Strategi Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari” di mana penelitian ini untuk menjawab seberapa besar pengaruh problem based learning terhadap hasil belajar akidah akhlak. Permasalhan yang ingin diteliti adalah : (1) Bagaimana hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas eksperiman sebelum dan sesudah penerapan strategi Problem Based Learning? (2) Bagaimana hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan metode Konvensional? (3) Apakah hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol? Dalam menjawab permasalah tersebut peneleiti mengumpulkan data dengan teknis tes yang terdiri dari pretes dan postest Selanjutnya hasil kuesioner atau hasil tes tersebut di uji dengan bantuan spss adapun pengujian data yang akan dilakukan yaitu uji normalitas dan homogenitas. Uji paired sample t tes dan independen sample t tes. Setelah penelitian ini dilakukan dalam nilai gain score (GS) nilai kelas ekperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 118 untuk kelas eksperimen dan 57 untuk kelas kontrol, setelah mengetahui nilai GS maka dilakukan uji independent sample t test dengan hasil nillai sig(2-tailed) 0,000 dan lebih kecil dari 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan. Kata Kunci : Strategi Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Aji Setiawan
Date Deposited: 16 Jun 2020 01:14
Last Modified: 16 Jun 2020 01:14
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1652

Actions (login required)

View Item View Item