PERAN SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI KESALAHAN SISWA DALAM MEYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA

dewi, ari listianti and Anjariyah, Deka, 0712088901 and Feriyanto, 0725059001 (2020) PERAN SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI KESALAHAN SISWA DALAM MEYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Bachelor thesis, universitas islam majapahit.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak-letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dan mendeskripsikan proses scaffolding dalam mengatasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan sumber-sumber sekunder berupa skripsi dan jurnal ilmiah. Data-data yang terkumpul selanjutnya dianalisis denga menggunakan 3 tahap penelitian yakni organize, synthesize, identify. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : 1. Letak kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yaitu tahap kesalahan membaca (reading), tahap kesalahan memahami (comprehension), tahap kesalahan transformasi (transformation), tahap kesalahan ketrampilan proses (process skill), dan tahap kesalahan penulisan jawaban (encoding). 2. Proses scaffolding untuk membantu kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yaitu bantuan pada level 2 explaning (menjelaskan), reviewing (mengulas kembali), restructuring (membangun pemahaman ulang) dan pada level 3 yaitu developing conceptual thingking (pengembangan pemikiran).

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Scaffolding, Kesalahan, Matematika
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: peran Ari Sundarsih
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:45
Last Modified: 03 Dec 2020 04:45
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/2256

Actions (login required)

View Item View Item