widya kurniawan, okta and Anjariyah, Deka, 0712088901 and Eko Putri, Rizky Oktaviana, 0703108801 (2020) STUDI LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENURUT TAHAPAN POLYA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
akbtrak.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (75kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) | Preview |
Abstract
Kurniawan, Okta. W. 2020. Studi Literatur Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Menurut Tahapan Polya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Universitas Islam Majapahit. Pembimbing : (I) Deka Anjariyah,S.Si., M.Pd dan (II) Rizky Oktaviana E.P, M. Pd Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning, kemampuan pemecahan masalah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuaan masalah setelah diberikan penerapan model pembelajaran Probem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan sumber-sumber sekunder berupa skripsi, jurnal ilmiah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan tahap analisis denga mneggunakan tiga tahapan yaitu organize, syinthesize, identify. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Tahapan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang mendukung kemampuan pemecahan masalah adalah tahapan membimbing penyelidikan. Pada tahapan ini siswa siswa setelah diberikan LKS yang berisikan masalah akan dituntut untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kegiatan pertama yang dilakukan siswa adalah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. Setelah informasi terkumpul siswa akan melakukan perencanaan strategi dari hasil pengumpulan informasi untuk menyelesaiakan masalah. Jika perencanaan strategi sudah dilakukan, siswa mengaplikasikan strategi untuk melakukan penyelesaian. Setelah melakukan penyelesaian, siswa memeriksa kembali proses pemecahan masalah yang telah dilakukan. (2) Kemampuan pemecahan setelah diberikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yaitu kemampuan siswa dalam memahami masalah berada pada kategori baik dengan mengidentifikasi informasi yang diketahui dan informasi yang ditanyakan dengan lengkap dan tepat. Kemampuan pemecahan masalah pada tahapan merencanakan penyelesaian berada pada kategori baik karena siswa membuat strategi yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan tepat dan benar. Kemampuan pemecahan masalah pada tahapan melakukan penyelesaian berada pada kategori baik karena siswa mengaplikasikan strategi yang digunakan dengan tepat dan sesuai dengan langkah – langkah strategi. Kemampuan pemecahan masalah pada tahapan memeriksa kembali berada pada kategori sedang karena siswa membuat kesimpulan dari proses pemecahan masalah dengan tepat dan lengkap.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | Studi lite Kurniawan Sr |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 06:40 |
Last Modified: | 04 Dec 2020 06:40 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/2418 |
Actions (login required)
View Item |