HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN QUR'AN HADIST KELAS IX-B DI MTs AN-NAHDLIYYAH SOOKO MOJOKERTO

MARTHADINATHA, MELLINDA WULANDARI, 51705120019 and SHOLEHUDDIN, AMIR, 2170101007 and ROZI, SYAIKHU, 0716018307 (2021) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN QUR'AN HADIST KELAS IX-B DI MTs AN-NAHDLIYYAH SOOKO MOJOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rusyan mengemukakan bahwa disiplin belajar merupakan penunjang terhadap keberhasilan belajar siswa. Dengan tingkat pembelajaran tingkat tinggi, diharapkan siswa mendapatkan hasil belajar yang optimal. Tetapi pada kenyataannya tingkat disiplin siswa di MTs An-nahdliyyah dapat dikatakan masih kurang khususnya kelas IX-B. Dapat diketahui dari kenyataan, bahwa banyak siswa di MTs An-Nahdliyyah yang mengabaikan tanggung jawab sebagai siswa, yang ditunjukkan oleh tindakan yang melanggar peraturan sekolah seperti terlambat di sekolah, bolos ketika pelajaran berlangsung, ada juga yang masih mengabaikan pekerjaan rumah (PR) dan tidak mengumpulkan tugas. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana disiplin belajar siswa kelas IX-B MTs An-Nahdliyyah Sooko Mojokerto. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadist kelas IX-B MTs An-Nahdliyyah Sooko Mojokerto. 3) Untuk menganalisis hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadist kelas IX-B MTs An-Nahdliyyah Sooko Mojokerto. Berdasarkan bentuknya, penelitian ini mencakup jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, kuesioner (angket) dan tes. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Setelah melakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Disiplin belajar siswa kelas IX-B MTs An-NahdIiyyah Sooko Mojokerto termasuk kategori tinggi. Dapat dilihat dari rata-rata nilai jawaban disiplin belajar siswa sebesar 52,1 yang terletak antara 47- 60 dimana nilai tersebut termasuk kategori tinggi. 2) Hasil belajar siswa mata pelajaran qur’an hadist kelas IX-B MTs An-Nahdliyyah Sooko Mojokerto termasuk kategori tinggi. Dapat dilihat dari rata-rata nilai jawaban hasil belajar siswa sebesar 36,4 yang terletak antara 36-45 dan masuk dalam kategori tinggi. 3) Terdapat hubungan yang negatif antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran qur’an hadist kelas IX-B MTs An-Nahdliyyah Sooko Mojokerto. Hal ini berdasarkan hasil korelasi sebesar -0,149 < 0,349 sehingga Ha ditolak (Ho diterima). Dapat dijelaskan bahwa tidak ada hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran qur’an hadist kelas IX-B di MTs An-Nahdliyyah Sooko Mojokerto.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, HasiI Belajar, Qur’an Hadist
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Mellinda Wulandari M
Date Deposited: 22 Nov 2021 08:15
Last Modified: 22 Nov 2021 08:15
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3177

Actions (login required)

View Item View Item