Interaksi Edukatif Orang Tua dengan Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Fenomenologi Orang Tua Siswa MTs Miksyaful Ulum)

Veddaren, Hashida, 51705120013 and SYAIKHU ROZI, M.Pd.I, ROZI, 0716018307 and M. Ali Rohmad, M.Pd.I, 0725108601 (2021) Interaksi Edukatif Orang Tua dengan Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Fenomenologi Orang Tua Siswa MTs Miksyaful Ulum). Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Pandemi covid-19 memaksa adanya perubahan dalam kehidupan, termasuk pengaruhnya di dunia pendidikan. Dimana sebelum adanya pandemi covid-19 dunia pendidikan berjalan dengan normal, sedangkan pada saat pandemi covid-19 mengharuskan sekolah atau madrasah melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau disebut Daring. Hal ini tentu saja mengharuskan para orang tua untuk mendampingi dan mengawasi putra-putrinya untuk belajar dari rumah. Karena, selama proses pembelajaran dari rumah, orang tua lah yang berperan penting dalam mengawasi proses belajar sang anak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Bagaimana pembelajaran siswa-siswi pada masa pandemi covid-19, 2) mendeskripsikan bagaimana bentuk-bentuk interaksi antara orang tua dengan anak pada masa pandemi covid-19, dimana pada saat anak dirumah saja tugas orang tua yang awalnya melakukan pekerjaan rumah atau yang lainnya akan bertambah sembari mendampingi anak belajar di rumah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Analisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan conclusion drawing. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan siswa-siswi MTs Miksyaful Ulum Pada masa pandemi covid-19 menggunakan pembelajaran jarak jauh atau (Daring). Guru hanya menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi WhatsApp sekaligus memberikan tugasnya. Interaksi edukatif orang tua dengan siswa di masa pandemi covid-19 belum kondusif karena orang tua tidak bisa menjadi pembimbing selayaknya guru di sekolah. Namun, interaksi berupaya dilakukan orang tua secara maksimal, yaitu dengan berkomunikasi secara intensif dengan anaknya dalam rangka mengikuti pembelajaran online, memberi motivasi untuk mau mengikuti pembelajaran online, membantu putra-putrinya jika kesulitan melaksanakan pembelajaran online dan memberi fasilitas seperti Gadget dan Kuota Internet. Kata Kunci : Interaksi Edukatif, Orang tua dan Anak, Pandemi Covid-19

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Edukatif, Orang Tua dan Anak, Pandemi Covid-19
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Interaksi Veddaren, Hashida Rozy,Syaikhu
Date Deposited: 23 Nov 2021 06:21
Last Modified: 23 Nov 2021 06:21
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3259

Actions (login required)

View Item View Item