Fala, Miftakhudin, 51704080011 (2021) . Analisa Biaya dan Waktu dengan Meggunakan Metode TCTO dan CPM pada Proyek Pembangunan Jembatan Ploso Jombang. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (690kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (867kB) | Preview |
Abstract
Manajemen konstruksi merupakan hal yang penting dalam proyek pembangunan dimana dengan adanya manajemen kita dapat menerapkan fungsi manajemen yang berup perencanaan, pengerjaan dan pengendalian pada suatu pekerjaan konstruks.. Penjadwalan proyek merupakan sesuatu hal yang penting dalam sebuah pembangunan. Dimana nantinnya akan menentukan kebutuhan waktu pada suatu kegiatan dan juga untuk menentukan kapan akan dimulai dan selesai waktu pekerjaannya. Proyek pembangunan Jembatan Ploso Jombang merupakan proyek yang sempat dibangun namum tertunda hampir 8 tahun akibat sulitnya akses pembebasan lahan yang ada di sekitar proyek pembangunan. Sehingga pada tahun 2020 pemerintah kabupten Jombang mengajukan kepada dinas pekerjaan umum (PU) untuk melanjutkan pembangunan jembatan ploso sebagai penganti jembatan yang lama. Percepatan yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu metode Time Cost Trade Off dan critictal Path Method. Alternatif yang akan digunakan utuk percepatan pada proyek ini adalah dengan penambahan 4 jam kerja dan penambahan kapasitas alat. Tujuan dari penelitian pada proyek ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh biaya dan waktu yang akan dibutuhkan setelah dipercepat sehingga mencapai waktu dan biaya yang optimal terhadap proyek. Rencana awal dari pihak pekerjaan umum dan pihak kontraktor membutuhkan biaya sebesar Rp. 125.381.326.000 dengan durasi waktu 463 hari. Percepatan dengan menggunakan metode Time Cost Trade Off dengan alternatif penambahan 4 jam kerja memperoleh biaya yang optimal sebesar Rp.132.666.158.173 dengan waktu dipercepat selama 400 hari dan alternatif dengan penambahan kapasitas alat memperoleh biaya optimal sebesar Rp.137.018.171.760 dengan waktu dipercepat 387 387 hari atau menghemat 16,41% dari waktu normal Kata-kata Kunci : Manajemen konstruksi, Jembatan, Time Cost Trade Off
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen konstruksi, Jembatan, Time Cost Trade Off |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Civil Engineering |
Depositing User: | Miftakhudin Fala |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 06:55 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 06:55 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3395 |
Actions (login required)
View Item |