TUTURAN PERFORMATIF DALAM TAYANGAN BOCAH NGAPAK YA KAJIAN AUSTINDAN SEARLE SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA/MA

Nur Tamala, Saiyidah Eva, 51706130020 (2021) TUTURAN PERFORMATIF DALAM TAYANGAN BOCAH NGAPAK YA KAJIAN AUSTINDAN SEARLE SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA/MA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (820kB) | Preview

Abstract

Tamala, Saiyidah E. N. 2021, Tuturan Performatif Dalam Tayangan Bocah Ngapak Ya Kajian Austin Dan Searle Serta Relevansinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA/MA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit-Mojokerto. Pembimbing (1) Taswirul Afkar, M.Pd. dan (2) Rani Jayanti, S.Pd, M.Hum. Kata Kunci: Tayangan Bocah Ngapak Ya, tuturan performatif, pragmatik Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1)Tuturan performatif, meliputi tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi, dan tindak tutur perlokusi, 2) Relevansi pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA/MA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam penelitian. Sumber penelitian berasal dari tayangan Bocah Ngapak Ya. Subjek penelitian adalah semua tuturan yang terdapat dalam tayangan Bocah Ngapak Ya, adapun objek penelitian yang dimaksud adalah tuturan performatif yang meliputi indak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi, dan tindak tutur perlokusi. Data yang dihasilkan dari penelitian dikumpulkan dengan metode simak dan catat. Menyimak video dilakukan berulang-ulang dan mencatat data-data yang diperlukan . relevansi pembelajaran dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya 20 data lokusi, 19 data ilokusi, dan 29 data perlokusi. Temuan data tindak tutur lokusi meliputi menginformasikan, menyuruh, dan mengajak. Untuk tindak tutur ilokusi ditemukan menginformasikan, menyuruh, mengajak, dan mengancam. Ketiga yaitu tindak tutur perlokusi yang didalamnya terdapat menginformasikan, menyuruh, dan mengajak. Relevansi pembelajaran bahasa Indonesia terdapat pada KD 3.1 materi memahami struktur dan kaidah teks film/drama baik melalui lisan maupun tulisan di sekolah SMA/MA

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Tayangan Bocah Ngapak Ya, tuturan performatif, pragmatik
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Saiyidah Eva Nur Tamala
Date Deposited: 26 Nov 2021 08:25
Last Modified: 26 Nov 2021 08:25
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3441

Actions (login required)

View Item View Item