Rizqi, Muhammad Syahriar, 51806150009 and Anjariyah, Deka, 0712088901 and Putri, Rizky, 0703108801 (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Blended Learning Berbasis Self Organized Learning Environment (SOLE). Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (357kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran Blended Learning berbasis Self Organized Learning Environment. Dalam penelitian ini menggunakan metode Mixed Method dengan metode eksplanatori sekuensial. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Dokumentasi, Observasi, Tes kemampuan berpikir kritis, dan Wawancara. Data dianalisis berdasarkan indicator berpikir kritis FRISCO yang dimana ada beberapa tahapan yang digunakan yaitu reduksi data-data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berdasarkan 6 indikator kemampuan berpikir kritis, di dapat hasil pada indicator Focus dengan persentase sebesar 75%, indicator Reason dengan persentase 89,06%, indicator Inference dan Situation dengan persentase sebesar 60,93% dan 70,31%, sedangkan pada kategori Clarity dan Overview mendapatkan persentase sebesar 64,06% dan 79,68%. Kemudian hasil penelitian ini juga menunjukkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi memenuhi semua indicator kemampuan berpikir kritis. Kemudian siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang pada indicator Clarity kurang tepat dalam menjelaskan istilah atau definisi-definisi terkait symbol atau notasi yang digunakan dan pada indicator Inference kesimpulan yang dibuat Siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang tidak didukung dengan alasan yang logis, sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah hanya memenuhi pada indicator Focus.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis, Blended Learning, SOLE |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | Rizqi Muhammad Syahriar |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 03:23 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:23 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3974 |
Actions (login required)
View Item |