ANALISIS KESULITAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK BENTUK LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI KATEGORI KESALAHAN WATSON

Sayyidah Lailatul, Mukarromah (2018) ANALISIS KESULITAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK BENTUK LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI KATEGORI KESALAHAN WATSON. Bachelor thesis, Unversitas Islam Majapahit.

[img] Text
COVER.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (226kB)
Official URL: http://repository.unim.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal open-ended matematika ditinjau dari kategori kesalahan Watson dan mendeskripsikan faktor penyebabnya. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 Puri yaitu 1 siswa dengan kategori kesalahan Watson sangat tinggi, 1 siswa dengan kategori kesalahan Watson tinggi, dan 1 siswa dengan kategori kesalahan Watson cukup tinggi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: subjek dengan kategori kesalahan Watson sangat tinggi kesulitan mentransformasi soal, kesulitan keterampilan proses dan kesulitan menyimpulkan. Faktor penyebab subjek kategori kesalahan Watson sangat tinggi kesulitan mentransformasi soal adalah kebiasaan belajar siswa. Faktor penyebab subjek kategori kesalahan Watson sangat tinggi kesulitan keterampilan proses adalah tidak faham dengan cara yang digunakan. Faktor penyebab subjek kategori kesalahan Watson sangat tinggi kesulitan menyimpulkan adalah tidak faham dengan himpunan penyelesaian. Subjek dengan kategori kesalahan Watson tinggi mengalami kesulitan mentransformasi soal, kesulitan keterampilan proses dan kesulitan menyimpulkan. Faktor penyebab subjek dengan kategori kesalahan Watson tinggi kesulitan mentransformasi soal adalah kurang latihan soal. Faktor penyebab subjek dengan kategori kesalahan Watson tinggi kesulitan menyimpulkan adalah tidak dapat mengubah persamaan kedalam garis bilangan. Subjek dengan kategori kesalahan Watson cukup tinggi mengalami kesulitan mentransformasi soal dan kesulitan menyimpulkan. Faktor penyebab subjek dengan kategori kesalahan watson cukup tinggi kesulitan mentransformasi soal sama dengan subjek dengan kategori kesalahan Watson tinggi begitupun dengan kesulitan menyimpulkan subjek kategori kesalahan Watson cukup tinggi.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 10 Oct 2018 12:37
Last Modified: 04 Apr 2019 05:27
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/44

Actions (login required)

View Item View Item