Amiruddin, Muhammad/51505120020 and Saifuddin, 0713128202 and SYAIKHU ROZI, M.Pd.I, ROZI, 0716018307 (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA SISWA DI SMP NEGERI 1 TARIK. Diploma thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB I .pdf Download (242kB) | Preview |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V .pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (145kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo adalah sekolah umum kejuruan yang berada di Kabupaten Sidoarjo. Di sekolah tersebut terdapat beranekaragam agama dan budaya. Dengan adanya peraturan menteri agama bahwa guru agama dituntut untuk bisa memperkuat moderasi beragama di kalangan siswa, maka guru PAI di SMP Negeri 1 Tarik melakukan upaya pembinaan moderasi beragama kepada siswa melalui berbagai strategi, dan metode pembinaan tertentu untuk membangun nilai-nilai moderasi beragama. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pemahaman moderasi beragama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarik; 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru PAI dalam menanamkan moderasi beragama; 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan moderasi beragama. Sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo. Untuk subjek penelitian ini adalah 2 (dua) guru PAI, dan beberapa informan pendukung yaitu; Kepala Sekolah, 1 (satu) guru agama Kristen, 4 (empat) siswa kelas VIII, dan 1 (satu) siswa kelas VIII. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam pembinaan moderasi beragama adalah dengan melakukan pembinaandi dalam maupun di luar kelas menggunakan strategi dan metode. Strategi yang digunakan adalah strategi langsung dengan memberikan arahan, teladan, baik di dalam amupun di luar kelas dan strategi tidak langsung dengan memberikan larangan dan pencegahan, sedangkan metode yang digunakan adalah metode: a) Keteladanan dengan memberikan teladan yang baik bagi siswa; b) Pemberian nasihat dengan memberikan nasihat sebelum dan menjelang berakhirnya pembelajaran; c) Kedisiplinann dengan memberikan peraturan; d) Pembiasaan dengan membiasakan siswa untuk mengikuti pengajian dan apel; e) Pemberian perhatian khusus dengan memperhatikan perkembangan sikap siswa yangmencerminkan moderasi beragama; f) Pemberian hukuman dengan memberikan sanksi berupa pengurangan nilai agama bagi siswa yang melanggar aturan. 2) Faktor pendukungnya adalah: a) Kekompakkan antar guru mata pelajaran; b) Aturan Kepala Sekolah yang mewajibkan semua guru untuk mengisi apel, c) Penerimaan dari orang tua siswa dan d) Adanya aplikasi Zoom. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: a) Sarana yang kurang memadai seperti tempat ibadah yang kurang luas; b) Kurangnya minat siswa, c) Siswa yang sulit diatur, dan d) Siswa yang kurang memperhatikan. Kata Kunci : Upaya Guru, Moderasi Beragama, Pemahaman
Item Type: | Skripsi/Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Moderasi Beragama, Pemahaman |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education |
Depositing User: | Amiruddin Muhammad |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 01:42 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 01:42 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4406 |
Actions (login required)
View Item |