ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Siti, Umaroh (2018) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Bachelor thesis, Unversitas Islam Majapahit.

[img] Text
Cover & lampiran depan new.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)
Official URL: http://repository.unim.ac.id

Abstract

Keterkaitan matematika dengan dunia nyata dan disiplin ilmu lain merupakan landasan terbentuknya koneksi matematika. Salah satu cara melatih kemampuan koneksi matematika yaitu dengan menyelesaikan soal cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial di tinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dikelas XII-B SMPN 1 kemlagi. Subjek penelitian terdiri dari siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang, dan siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan matematika, tes kemampuan koneksi matematika dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) subjek dengan kemampuan matematika tinggi mampu mengoneksikan koneksi antar topik matematika dengan menentukan dan menggunakan konsep-konsep matematika yang telah dipelajari sebelumnya dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, kemudian mengoneksikan matematika dengan disiplin ilmu lain dengan menentukan dan menggunakan konsep-konsep dan disiplin ilmu lain dalam menyelesaikan masalah yang diberikan dengan menyebutkan bidang studi lain selain matematika. Subjek mampu mengoneksikan matematika dengan dunia nyata dengan menentukan model atau kalimat matematika, subjek juga mampu menerjemahkan kembali kesolusi yang nyata. (2) Subjek dengan kemampuan matematika sedang dalam mengoneksikan antar topik matematika hanya mampu menyebutkan satu konsep matematika, kemudian dalam mengoneksikan matematika dengan disiplin ilmu lain subjek mampu menentukan dan menggunakan bidang studi lain dalam masalah yang diberikan, subjek mampu menuliskan model matematika, namun rumus yang ditulis salah, subjek juga mampu menerjemahkan kembali kesolusi yang nyata meskipun subjek hanya mampu menjelaskan secara singkat. (3) Subjek dengan kemampuan matematika rendah tidak mampu dalam mengoneksikan antar topik matematika, tidak mampu mengoneksikan matematika dengan ilmu disiplin lain, dan tidak mampu mengoneksikan matematika dengan dunia nyata.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 10 Oct 2018 12:40
Last Modified: 04 Apr 2019 05:16
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item View Item