PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN LKPD ETNOMATEMATIKA UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA

Ayuningsih, Ika, 52006150004 and Anjariyah, Deka, 0712088901 and Wiyono, Hari Joko, 0704117505 (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN LKPD ETNOMATEMATIKA UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ayuningsih, Ika. 2024. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan LKPD Etnomatematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Pada Materi Statistika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Majapahit. Pembimbing : Dr. Deka Anjariyah, S.Si., M.Pd. dan Hari Joko Wiyono, M.Sc. Salah satu kemampuan penting yang perlu dikuasai oleh siswa adalah literasi numerasi. Guru dapat mengasah kemampuan literasi numerasi siswa dengan mengintegrasikan kemampuan tersebut dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan konteks kehidupan nyata dan berperan penting dalam merancang pembelajaran dengan memperhatikan bahwa setiap siswa memiliki karakteristiknya masing-masing. Meningkatkan kemampuan literasi numerasi dapat dimodifikasi dengan menggabungkan unsur budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan LKPD etnomatematika untuk mendukung kemampuan literasi numerasi siswa SMP pada materi statistika serta kemampuan literasi numerasi siswa SMP setelah mendapat penerapan pembelajaran tersebut. Peneliti menggunakan metode pennelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian One Shot Case Study. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dan dipilih kelas VIII-A sebanyak 32 siswa sebagai sampel pada penelitian ini. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian ini yaitu keterlaksanaan aktivitas guru dalam penerapan pembelajaran mencapai persentase 91,6% dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa dalam penerapan pembelajaran mencapai persentase 91,9% dengan kategori sangat baik, dan hasil tes kemampuan literasi numerasi diperoleh 26 siswa memiliki kemampuan literasi numerasi tinggi dengan persentase sebesar 81,25%; 9 siswa memiliki kemampuan literasi numerasi sedang dengan persentase sebesar 9,375%; dan 9 siswa memiliki kemampuan literasi numerasi rendah dengan persentase sebesar 9,375% dimana menunjukkan lebih banyak siswa yang memiliki kemampuan literasi numerasi tinggi dibandingkan sedang atau rendah. Ini berarti penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan LKPD etnomatematika dapat mendukung kemampuan literasi numerasi siswa SMP pada materi statistika. Kata Kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, LKPD Etnomatematika, Kemampuan Literasi Numerasi Siswa

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, LKPD Etnomatematika, Kemampuan Literasi Numerasi Siswa
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Ayuningsih Ika
Date Deposited: 20 Aug 2024 03:22
Last Modified: 20 Aug 2024 03:22
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5099

Actions (login required)

View Item View Item