Nadhifah, Muhitotun, 52106130006 and Hermawan, Wawan, 0717098801 and Suwandana, Engkin, 0711038304 (2025) ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ADIBA KARYA MAIRISA ELVIA: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA ALFRED ADLER DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (219kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (405kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepribadian tokoh utama dalam novel Adiba karya Mairisa Elvia dengan menggunakan pendekatan psikologi individual Alfred Adler serta mengungkap nilai-nilai pendidikan karakter yang tercermin dalam cerita. Fokus analisis mengacu pada enam aspek utama dalam teori Adler, yaitu perjuangan menjadi superior, pengamatan subjektif, kesatuan kepribadian, minat sosial, gaya hidup, dan kekuatan kreatif. Selain itu, penelitian ini juga menelaah nilai-nilai pendidikan karakter berdasarkan teori Thomas Lickona, yaitu tanggung jawab, ketekunan, kepedulian sosial, dan rasa hormat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membaca novel secara berulang dan mencatat bagian-bagian yang relevan yang menggambarkan aspek kepribadian dan nilai-nilai karakter tokoh. Validitas data diperoleh melalui triangulasi teori dan triangulasi data. Triangulasi teori dilakukan dengan membandingkan hasil temuan dengan landasan teori yang digunakan, sedangkan triangulasi data dilakukan dengan membandingkan berbagai sumber informasi yang terdapat dalam teks novel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama, Adiba, mengalami proses perkembangan kepribadian yang kompleks. Terdapat 10 data yang menunjukkan aspek perjuangan menjadi superior, 10 data yang menunjukkan aspek pengamatan subjektif, 4 data yang menunjukkan aspek kesatuan kepribadian, 6 data yang menunjukkan aspek minat sosial, 3 data yang menunjukkan aspek gaya hidup, dan 7 data yang menunjukkan kekuatan kreatif. Tokoh Adiba menunjukkan upaya mengatasi inferioritas melalui tekad, kemandirian, serta kesadaran dalam menentukan arah hidup. Selain itu, nilai-nilai pendidikan karakter juga tercermin kuat, antara lain tanggung jawab terhadap masa depan (10 data), ketekunan dalam menghadapi tantangan (4 data), kepedulian sosial (4 data), dan rasa hormat terhadap orang lain (4 data). Seluruh temuan tersebut menunjukkan bahwa tokoh Adiba tidak hanya mencerminkan dinamika psikologis menurut teori Adler, tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai karakter yang membentuk pribadi yang tangguh dan bermakna
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Psikologi Kepribadian, Alfred Adler, Pendidikan Karakter |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education |
Depositing User: | Nadhifah Muhitotun |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:00 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:00 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |