IMPLEMENTASI KOMUNIKASI HRD PROGRAM GENERAL MANAGER TABLE DALAM MENINGKATKAN PERFORMA KERJA STAFF AYOLA SUNRISE HOTEL MOJOKERTO

Mahfudloh, Fadyla Qurrotul, 52103050010 and Lailin, Moch. Ichdah A.H, 0708087102 and Lailiyah, Fatihatul, 0727067602 (2025) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI HRD PROGRAM GENERAL MANAGER TABLE DALAM MENINGKATKAN PERFORMA KERJA STAFF AYOLA SUNRISE HOTEL MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK - FADYLA QURROTUL M..pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - FADYLA QURROTUL M..pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
BAB II - FADYLA QURROTUL M..pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III - FADYLA QURROTUL M..pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV - FADYLA QURROTUL M..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V - FADYLA QURROTUL M..pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN - FADYLA QURROTUL M..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Industri perhotelan didukung oleh banyak department internal untuk melancarkan operasional secara baik. Human Resources Departement (HRD) salah satu departemen penting dalam manajemen industri hotel. HRD berfokus sosialisasi kepada staff dalam meningkatkan performa kerja yang implementasinya berupa program general manager table. tentunya salah satu implementasi ini dilakukan untuk pencapaian tujuan organisasi dan bermuara pada hasil yang signifikan memberikan kontribusi positif pada peningkatan performa kerja staff. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi HRD Program General Manager Table dalam Meningkatkan Performa Kerja Staff Ayola Sunrise Hotel Mojokerto. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HRD Ayola Hotel Mojokerto telah menerapkan atau mengimplementasikan komunikasi organisasi dengan baik berdasarkan indikator indikator dari teori komunikasi HRD menurut Mintzberg (1989). Implementasi komunikasi HRD Ayola Sunrise Hotel Mojokerto yang baik dapat dilihat dari pelaksanaan program Geneal Manager Table mengintegrasikan 1) HRD memahami dirinya sebagai monitor yang memandang operasional sebagai sumber informasi. 2) HRD mengimplementasikan komunikasi nya sebagai penyebar(Disseminator) dan penerima informasi dari luar yang kemudian disebarkan kepada staff dibawahya. 3) HRD sebagai juru bicara, dalam hal ini hrd berkomunikasi dalam forum resmi. 4) HRD berkedudukan sebagai kepala departemen yang melakukan tugas secara simbolik. 5) Sebagai seorang pemimpin, HRD bertanggung jawab atas lancar tidak nya pekerjaan yang dilakukan bawahnya, beberapa tahap sebagai pemimpin : penentuan kebijaksanaan, perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan dan penilaian. 6) HRD sebagai penghubung, melakukan komunikasi dengan pihak eksternal formal maupun non formal. 7) HRD sebagai entrepreneur, memajukan industri namun dengan menyesuaikan kondisi perubahan lingkungan. 8) HRD sebaik mungkin menjadi pengendali gangguan dari internal dan eksternal yang mengganggu industri. 9) HRD bertanggung jawab memutuskan siapa yang bekerja, pekerjaan apa yang dilakukan, dan bagaimana pembagian kerja yang sesuai dengan harapan industri juga kemampuan staff terkait. 10) HRD melakukan perundingan secara resmi atau tidak resmi dan berhubungan langsung dengan organisasi. Penelitian implementasi komunikasi HRD Ayola Sunrise Hotel Mojokerto dapat meningkatkan performa kerja staff dengan adanya program general manager Table level manager bisa tahu kendala di operasional secara langsung, maka dari itu operasional yang membutuhkan bantuan seperti pengadaan aset, pengadaan alat kerja, sistem bahkan perbaikan SOP ditangani secepat mungkin.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Komunikasi HRD, Performa Kerja
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Communication Sciences
Depositing User: Mahfudloh Fadyla Qurrotul
Date Deposited: 19 Aug 2025 01:54
Last Modified: 19 Aug 2025 01:54
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6080

Actions (login required)

View Item View Item