KEEFEKTIFAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGI EMPAT SISWA KELAS VII

idatiningsih, aprilia, 51506150004 and anjariyah, deka,0712088901 and feriyanto, 0725059001 (2019) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGI EMPAT SISWA KELAS VII. Bachelor thesis, universitas islam majapahit.

[img] Text
1. Cover-Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan Open- Ended untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika materi segi empat siswa kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. penelitian ini dilaksanakan di SMP BHAKTI PACET. Sampel dalam penelitian ini adalah 14 siswa kelas VII. Instrument penelitian terdiri dari lembar soal tes kemampan berpikir kritis, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran, dan lembar angket respons siswa. Berdasarkan hasil penilitian kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang menerapkan pendekatan open-ended pada materi segi empat di kelas VII SMP BHAKTI PACET dikategorikan “baik” dengan niai rata- rata 3,25. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dikategorikan “aktif” dengan nilai rata-rata 2,77. Sehingga dapat dikatakan siswa aktif selama proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open-ended pada materi segi empat kelas VII SMP BHAKTI PACET. Kemampuan berpikir kritis siswa secara individu terlatih dengan menggunakan pendekatan open-ended pada materi segi empat. Hal ini diketahui dari tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dari hasil tes yang telah diberikan. Terdapat1 siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis tingkat B (baik), 12 siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis tingkat C (cukup), 1 siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis tingkat D (kurang), dan 1 siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis tingkat E (sangat kurang). Secara klasikal, kemampuan berpikir kritis siswa juga dikatakan tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 85,71%. Respons siswa yang kategori baik dan sangat baik ≥ 50% dari seluruh item pernyataan. Ini memberikan pengertian bahwa respons siswa terhadap pendekatan open-ended dan kemampuan berpikir kritis adalah positif.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Aprilia Idatiningsih
Date Deposited: 16 Jun 2020 06:29
Last Modified: 16 Jun 2020 06:29
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1118

Actions (login required)

View Item View Item