VIRTUAL REALITY CANDI WRINGIN LAWANG BERBASIS ANDROID

Agistya, Nadia Nanda, 51504110143 and Akbar, Ronny Makhfuddin, 0709078604 and Kurniawan, Fajar Indra, 0704038603 (2019) VIRTUAL REALITY CANDI WRINGIN LAWANG BERBASIS ANDROID. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
cover-abstrak1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB) | Request a copy

Abstract

Candi Wringin Lawang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit pada abad ke-14 yang terletak di Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Namun banyak masyarakat luar Mojokerto maupun Mancanegara masih enggan untuk mengunjungi dan mendapatkan pengetahuan dari Candi tersebut karena jauh dari tempat tinggal atau keterbatasan biaya. Bahkan masyarakat Mojokerto sendiri pun belum banyak yang mengetahui tentang lokasi dan Candi Wringin Lawang. Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk membuat suatu aplikasi sebagai media informasi yang mempermudah masyarakat untuk lebih mengenal Candi Wringin Lawang secara tiga dimensi dengan metode penglihatan secara Virtual Reality berbasis Android, sehingga rasa keingintahuan masyarakat tentang Candi Wringin Lawang akan bertambah. Setelah menganalisa dan observasi maka dilakukanlah perancangan tahap awal yang bertujuan untuk mendesain alur aplikasi yang sesuai, kemudian desain tiga dimensi menggunakan Sketchup dengan versi 2018. Mulai dari tahap pengumpulan data dari Candi Wringin Lawang kemudian pembuatan model tiga dimensi. Setelah proses tersebut lalu di import melalui asset Unity3D dan menambahkan asset Google VR SDK yang membuat aplikasi Virtual Reality bisa berjalan ke segala arah. Hasil dari pengujian kuisioner secara keseluruhan yang dilakukan oleh 20 orang responden dari total 15 pertanyaan, aplikasi yang telah dibuat mencapai kategori sangat baik dengan persentase 80,8% .

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Candi Wringin Lawang, Virtual Reality, Unity3D, Sketchup
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Nadia Nanda Agistya
Date Deposited: 16 Jun 2020 22:19
Last Modified: 16 Jun 2020 22:19
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1176

Actions (login required)

View Item View Item