ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU GENDER

Jariyah, Ainun, 51606150001 and Anjariyah, Deka, 0712088901 and Wiyono, Hari Joko, 0704117505 (2020) ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU GENDER. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa laki-laki dan perempuan dalam memecahkan masalah.Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library Research) dengan menggunakan sumber-sumber sekunder berupa skripsi dan jurnal ilmiah. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP sederajat.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dokumentasi, mengidentifikasi wacana dari buku-buku, makalah atau artikel, jurnal, koran, internet, ataupun informasi lainnya. Teknik analisis data digunakan meliputi 3 tahapan yaitu organize, synthesize, identify. Metode analisis data yang digunakan dalam pembahasan adalah metode induktif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, Proses berpikir siswa laki-laki dalam memecahkan masalah matematika termasuk dalam kategori proses berpikir konseptual. Pada indikator 1) Menyatakan apa yang diketahui dalam soal dengan bahasa sendiri atau mengubah dalam kalimat matematika yaitu siswa menyatakan apa yang diketahui dengan benar. 2) Menyatakan apa yang ditanya dalam soal dengan bahasa sendiri atau mengubah dalam kalimat matematika yaitu siswa menyatakan apa yang ditanya dalam soal dengan tepat. 3) Membuat rencana penyelesaian dengan lengkap yaitu siswa membuat hubungan antara data yang ada dengan masalah yang ditanyakan. 4) Menyatakan langkah-langkah yang ditempuh dalam menyelesaikan soal menggunakan konsep yang pernah dipelajari yaitu siswa menyatakan langkah-langkah dengan cara menjelaskan langkah-langkah memecahkan masalah yang telah dilakukan dengan tepat dan benar 5) Memperbaiki kekeliruan jawaban yaitu siswa mencari kesesuaian antara penyelesaian dengan hal yang diketahui yaitu mengembalikan hasil yang peroleh ke hal yang diketahui.Proses berpikir siswa perempuan dalam memecahkan masalah matematika bukan termasuk dalam kategori proses berpikir konseptual hal ini dikarenakan ada satu indikator yang tidak dipenuhi oleh siswa perempuan yaitu memperbaiki kekeliruan jawaban. Sedangkan indikator yang dipenuhi oleh siswa yaitu 1) Menyatakan apa yang diketahui dalam soal dengan bahasa sendiri atau mengubah dalam kalimat matematika yaitu siswa menyatakan apa yang diketahui dengan benar tepat . 2) Menyatakan apa yang ditanya dalam soal dengan bahasa sendiri atau mengubah dalam kalimat matematika yaitu siswa menyatakan apa yang ditanya dalam soal dengan tepat. 3) Membuat rencana penyelesaian dengan lengkap yaitu siswa membuat hubungan antara data yang ada dengan masalah yang ditanyakan. 4) Menyatakan langkah-langkah yang ditempuh dalam menyelesaikan soal menggunakan konsep yang pernah dipelajari yaitu siswa menjelaskan langkah-langkah dalam memecahkan masalah yang telah dilakukan dengan tepat dan benar

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Proses Berpikir, Memecahkan Masalah Matematika, Gender
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Analisis p ainun machmud
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:59
Last Modified: 03 Dec 2020 03:59
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item View Item