PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU GENDER

Setiyarini, Esti, 51606150008 and Wiyono, Hari Joko, 0704117505 and Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704 (2020) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU GENDER. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis pada siswa laki-laki dan perempuan dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseacrh) dengan metode analisis deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP sederajat. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Sumber data sekunder yang dimaksud adalah jurnal ilmiah nasional dan skripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi 3 tahapan yaitu organize, synthesis, dan identify. Metode analisis data yang digunakan dalam pembahasan adalah metode induktif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, kemampuan berpikir kritis siswa laki-laki dan perempuan dalam memecahkan masalah matematika relatif sama. Pada indikator kategori klarifikasi, siswa laki-laki dan siswa perempuan menganalisis ruang lingkup permasalahan dengan merumuskan pokok permasalahan terkait dengan soal yang digunakan dalam penyelesaian masalah, mengidentifikasi asumsi pokok dari permasalahan dengan mengumpulkan informasi-informasi yang diketahui dan ditanyakan dalam permasalahan yang digunakan dalam penyelesaian masalah, mendefinisikan istilah-istilah yang relevan dengan mendefinisikan kata-kata kunci yang terkait dengan permasalahan, serta mengidentifikasi hubungan bagian permasalahan dengan mengaitkan informasi-informasi yang saling berhubungan dan mengaitkan permasalahan dengan materi lain yang akan digunakan dalam penyelesaian. Pada Indikator kategori asesmen, siswa laki-laki dan siswa perempuan mengumpulkan informasi yang relevan dengan mengidentifikasi informasi-informasi yang relevan dan tidak relevan dalam permasalahan yang digunakan dalam penyelesaian masalah, memberikan alasan relevan dengan mempertimbangkan alasan-alasan terkait dengan informasi-informasi relevan dan tidak relevan yang telah ditemukan yang digunakan dalam penyelesaian masalah, serta membuat keputusan pada argumen dengan memilih dan menentukan informasi relevan yang tepat digunakan dalam penyelesaian masalah. Pada indikator kategori strategi, siswa laki-laki dan siswa perempuan mengusulkan langkah spesifik mengarah pada solusi dengan menyusun langkah-langkah yang akan digunakan dalam menyelesaikan permasalahan, mendiskusikan langkah yang mungkin dengan menemukan langkah lain yang sesuai sehingga dapat digunakan dalam menyelesaikan permasalahan selain langkah yang digunakan sebelumnya, memprediksi hasil dari langkah yang dibuat dengan membuat dugaan sementara terkait hasil penyelesaian masalah yang akan dilakukan, serta mengevaluasi langkah penyelesaian yang telah dilakukan dengan mempertimbangkan dan menilai dengan cara memeriksa kembali langkah-langkah yang telah dilakukan dalam penyelesaian masalah. Namun, pada indikator kategori strategi siswa perempuan tidak mendiskusikan langkah yang mungkin dengan tidak menemukan langkah lain yang sesuai sehingga tidak dapat digunakan dalam menyelesaikan permasalahan selain langkah yang digunakan sebelumnya. Pada indikator kategori inferensi, siswa laki-laki dan siswa perempuan menyusun hubungan antara bagian berbeda dari permasalahan dengan melaksanakan pemecahan masalah dengan menggunakan informasi-informasi yang telah dikumpulkan sesuai dengan langkah yang telah direncanakan, membuat kesimpulan sesuai hasil diskusi dengan membuat kesimpulan dari langkah-langkah penyelesaian masalah yang telah dilakukan, serta memikirkan kesimpulan dengan benar dengan membuat alasan yang tepat terkait kesimpulan dari penyelesaian masalah yang dibuat.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Memecahkan Masalah Matematika, Gender
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Profil Kem Setiyarini Suparmi
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:54
Last Modified: 03 Dec 2020 03:54
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1800

Actions (login required)

View Item View Item