IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KERTAS DALAM KOMPETENSI DASAR DONGENG (FABEL) PADA KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP NEGERI 2 MOJOSARI

Windiatmoko, Doni Uji, 0714048902 and Fatoni, Akhmad,0729028801 and Mardliyah, Asih Andriyati,0719048903 (2020) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KERTAS DALAM KOMPETENSI DASAR DONGENG (FABEL) PADA KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP NEGERI 2 MOJOSARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT.

[img] Text
ABSTRAK-1[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V Bl.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN GAMBAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Ariska, Bella Is. 2020. Analisis Media Pembelajaran Wayang Kertas Dalam Kompetensi Dasar Dongeng (Fabel) Pada Kurikulum 2013 . Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana Universitas Islam Majapahit. Pembimbing: (I) Doni Uji Windiatmoko, M.Pd.,dan (II) Akhmad Fatoni, M. Hum. Kata Kunci: Implementasi Media Pembelajaran, Bahsa Indonesia, Kurikulum 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran pada siswa kelas VII di SMP dalam kompetensi dasar Bahasa Indonesia kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 2 Mojosari. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan mengamati siswa dan guru melakukan kegiatan belajar dalam kompetensi dasar dongeg bahasa Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran. Guru memberi contoh terlebih dahulu pada saat pembelajaran akan dimulai, dengan media wayang kertas. Data penelitian ini meliputi bagaimana implementasi media pembelajaran kurikulum 2013 pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Mojosari, dan respon siswa pada penerapan media pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, karena penelitian ini hanya menyajikan data-data, mengumpulkan data. Dalam metode penelitian terdapat subjek penelitian yaitu orang atau informan.Teknikvalidasi data ini dilakukan dengan cara wawancara, dan observasi mengamati. Hasil penelitian menunjukkan implementasi media pembelajaran pada kurikulum 2013 sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar, siswa menjadi lebih mudah dan mengerti materi yang disampaikan, guru menjadi lebih muda pada saat menyampaikan materi. Seperti yang disampaikan guru pada saat wawancara dalam pembeajaran sebelum memakai media siswa kurang menarik saat pembelajaran didalam kelas.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Media Pembelajaran, Bahsa Indonesia, Kurikulum 2013
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Penerapan Ariska Sr
Date Deposited: 04 Dec 2020 03:20
Last Modified: 04 Dec 2020 03:20
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/2368

Actions (login required)

View Item View Item