Studi Literatur Model Pembelajaran Kooperatif tipe Rotating Trio Exchange Mendukung Minat Belajar Matematika Siswa

Widy Novelia, Pramiftha and Anjariyah, Deka, 0712088901 and Eko Putri, Rizky Oktaviana, 0703108801 (2020) Studi Literatur Model Pembelajaran Kooperatif tipe Rotating Trio Exchange Mendukung Minat Belajar Matematika Siswa. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Pramiftha Widy Novelia.2020. Studi Literatur Model Pembelajaran kooperatif tipe Rotating/ Trio Exchange mendukung Minat Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Universitas Islam Majapahit. Pembimbing: (I) Deka Anjariyah, S.Si, M.Pd., dan (II) Rizky Oktaviana E.P, M.Pd. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange, Minat belajar siswa Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange pada pembelajaran matematika yang mendukung minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi keperpustakaan (Library Researh), penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari peneliti terdahulu untuk dilakukan analisis kembali. Dalam penelitian ini terdapat 4 sumber data yang akan dianalisis kembali oleh peneliti. Berdasakan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : Model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange yang mendukung minat belajar siswa adalah pada kegiatan pendahuluan guru membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok kecil yang beranggotakan 3 orang siswa, setelah selesai berilah nomor atau tanda untuk setiap anggota trio tersebut, contohnya 0,1,2.Pada kegiatan inti, guru membimbing siswa melakukan perputaran sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh guru, contoh dengan kelompok trio dengan penggunaan tanda nomor 0,1,2, yaitu untuk nomor 1 memutar searah jarum jam, nomr 2 melakukan sebaliknya (memutar berlawanan jarum jam), sedangkan nomor 0 tetap berada ditempat. Kemudian guru memberikan siswa diberikan permasalahan (soal) untuk dikerjakan dalam tingkatan yang berbeda dalam setiap putaran. Setelah melakukan putaran, siswa mengerjakan permasalahan (soal) sebanyak permasalahan yang dibuat oleh guru.Pada kegiatan penutup, guru mengisntruksikan siswa melakukan presentasi untuk menunjukkan hasil pekerjaan dengan kelompoknya didepan kelas. Tahapan pada model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange yang mendukung minat belajar siswa yaitu pada tahapan siswa dibagi menjadi bebrapa kelompok kecilyang beranggotakan 3 orang siswa, setelah selesai berilah nomor atau tanda untuk setiap anggota trio tersebut, contohnya 0,1,2, tahap selanjutnya adalah saat guru membimbing siswa melakukan perputaran sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh guru, contoh dengan kelompok trio dengan penggunaan tanda nomor 0,1,2, yaitu untuk nomor 1 memutar searah jarum jam, nomr 2 melakukan sebaliknya (memutar berlawanan jarum jam), sedangkan nomor 0 tetap berada ditempat, tahap berikutnya adalah guru memberikan siswa diberikan permasalahan (soal) untuk dikerjakan dalam tingkatan yang berbeda dalam setiap putaran, kemudian melakukan putaran, siswa mengerjakan permasalahan (soal) sebanyak permasalahan yang dibuat oleh guru, dan yang terakhir adalah saat guru mengisntruksikan siswa melakukan presentasi untuk menunjukkan hasil pekerjaan dengan kelompoknya didepan kelas. Dan untuk Minat belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange adalah terdapat 4 indikator minat belajar siswa yaitu, indikator persaaan senang, indikator perhatian, indikator keinginan yang kuat,indikator ketekunan dan partisipasi. Berdasarkan analisis data minat belajar siswa dengan rata-rata presentasi kemunculan tertinggi adalah indikator perasaan senang, indikator perhatian, indikator ketekuanan dan partisispasi, dan yang paling rendah adalah indikator keinginan yang kuat.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange, Minat belajar siswa
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Studi lite Novelia sr
Date Deposited: 04 Dec 2020 04:54
Last Modified: 04 Dec 2020 04:54
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/2380

Actions (login required)

View Item View Item