Krisalasa, Daniel (2021) Diferensiasi Personal Pada Video Denise Chariesta di Media Sosial TikTok (September – Oktober 2020). Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
Abstrak .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
Bab 1.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (542kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Personal Branding merupakan kegiatan seseorang dalam membangun merek (brand) atau citra diri di mata orang lain. Fungsi dari personal branding sendiri ialah untuk membangun pesona atau kesan yang mampu mempengaruhi persepsi publik. Demi tercapainya kesan hingga persepsi publik yang diinginkan maka penting dalam melakukan strategi dalam kegiatan personal branding. Dari strategi personal branding tersebut, juga akan tercipta diferensiasi. Diferensiasi adalah upaya dalam menciptakan suatu perbedaan pada merek sehingga terciptanya nilai keunikan, ciri khas dan identitas tersendiri yang mampu memberikan nilai keunggulan dalam bersaing. Pada akhir tahun 2020 terdapat salah satu pengguna media sosial Tiktok yang namanya tiba-tiba terkenal atau viral yaitu Denise Chariesta. Denise Charista merupakan salah satu orang yang berhasil melakukan kegiatan personal branding melalui konten videonya, sehingga tercipta pesona dan kesan di mata publik yang membuatnya menjadi terkenal atau populer di media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui diferensiasi personal pada video Denise Chariesta di media social Tiktok pada bulan September 2020 hingga Oktober 2020. Peneliti menemukan pesan informasi yang memiliki nilai diferensiasi dalam akun media sosial Tiktok @denise.chariesta yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil yang didapat dari video tersebut memiliki kategori diferensiasi meliputi : konten yang di dominasi oleh opini dan prestasi, memiliki konteks yang dialogis dan infrastruktur yang sombong. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa video dalam media social Tiktok dengan akun @denise.chariesta selama bulan Setember 2020 hingga Oktober 2020 memiliki konten muatan negatif yaitu konten kesombongan dengan membandingkan orang lain dengan dirinya, merendahkan orang lain, menyindir, menghargai diri sendiri serta karyanya sendiri secara berlebihan. Kata Kunci : Analisis Isi, Diferensiasi personal branding, media sosial Tiktok, Denise Chariesta
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Analisis Isi, Diferensiasi personal branding, media sosial Tiktok, Denise Chariesta |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Communication Sciences |
Depositing User: | Daniel Krisalasa |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 02:03 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 02:03 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3160 |
Actions (login required)
View Item |