PROGRAM TAHFIDZ DI SEKOLAH UMUM (STUDI TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN PROGRAM TAHFIDZ DI SDI BIDAYATUL HIDAYAH 2 CANGGU JETIS MOJOKERTO )

PANGESTU, MITA WAHYU, 51705120020 and Nizar, Muhammad, 2170101004 and Syaifuddin, Ahmad (2021) PROGRAM TAHFIDZ DI SEKOLAH UMUM (STUDI TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN PROGRAM TAHFIDZ DI SDI BIDAYATUL HIDAYAH 2 CANGGU JETIS MOJOKERTO ). Bachelor thesis, universitas islam majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1-dikonversi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
BAB 2-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5-dikonversi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka-dikonversi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Studi ini berangkat dari observasi penulis terhadap suatu lembaga sekolah dasar berbasis umum akan tetapi tetap unggul dalam proses menghafal Alquran. Sekolah dasar yang berbasis Alquran ini merupakan suatu tempat lembaga pendidikan yang menarik untuk dikaji, karena sementara orang beranggapan bahwa sekolah dasar yang biasanya berbasis umum akan tetapi tetap unggul dalam hal Alquran terutama dalam hal menghafalkannya.Berangkat dari suatu fenomena tersebut, maka studi ini diberi judul “Program Tahfidz di Sekolah Umum (Studi tentang Strategi PEMBELAJARAN Program Tahfidz di SDI Bidayatul Hidayah 2 Canggu Jetis Mojokerto)”. Fokus dalam penelitian ini ditekankan pada suatu strategi dalam menghafal Alquran serta faktor pendukung didalamnya.Diantara fokus penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi menghafal bagi siswa, (2)Bagaimana strategi menjaga hafalan bagi siswa, dan (3)Apa faktor pendukung pelaksanaan strategi menghafal Alquran bagi siswa. Tujuan studi adalah memahami suatu proses dalam menghafal bagi siswa sekolah dasar, dimana mereka yang masih berusia sangat muda sudah pandai dalam hal sekolah maupun menghafal Alquran, dimana dua proses tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan. Penelitian ini dilakukan di SDI Bidayatul Hidayah 2 Canggu dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan pengamatan terlibat (Participant Observation), Wawancara Mendalam (Indepth Interview), dan dokumentasi. Sedangkan data yang terkumpul melalui ketiga tehnik tersebut diatas kemudian diperiksa keabsahannya dengan pengecekan kredibilitas. Pelaksanaan pengecekan kredibilitas data menggunakan tehnik triangulasi, pengecekan anggota dan diskusi sejawat. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahannya, data dianalisis dengan cara: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data diproleh temuan-temuan sebagai berikut : (1) bahwa strategi dalam menghafal Alquran bagi siswa ada 2 yakni membaca bin-nadzri (Tahsin), dan membacara beberapa surat pilihan. (2) Strategi dalam menjaga hafalan Alquran bagi siswa didukung 3 program diantaranya mengadakan khataman tiap bulan, Alquran ceria, dan program guru menghafal. (3) Faktor pendukung strategi menghafal Alquran bagi siswa yakni ada 4 faktor diantaranya Motivasi, cita-cita menjadi hafidz, lingkungan serta haflatul tahfidz.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Program Tahfidz, Strategi, Sekolah Umum
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Pangestu Wahyu Mita
Date Deposited: 22 Nov 2021 06:14
Last Modified: 22 Nov 2021 06:14
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3229

Actions (login required)

View Item View Item