PERBANDINGAN TINGKAT PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK BERASAL DARI SMP DAN MTs DI SMAN 1 BANGSAL

A'yuni,, Fitria Qurrotun, 51705120011 and Ratno,, 2170101001 and Saifuddin,, 0713128202 (2021) PERBANDINGAN TINGKAT PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK BERASAL DARI SMP DAN MTs DI SMAN 1 BANGSAL. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
02 HALAMAN DEPAN 1. fix print FIX12-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1 FIX FITRIA.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 FIX FITRIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 FIX FITRIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 FIX FITRIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5 FIX FITRIA.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam dalam pandangan Islam yaitu adalah terkait dengan nilai- nilai beserta norma kehidupan yang ideal, yang sumbernya berasal Al-Qur’an dan As-Sunnah. Pelajaran agama merupakan mata pelajaran wajib, sehingga tidak hanya di MTs yang dalam terdapat pelajaran agama, akan tetapi di SMP juga terdapat pelajaran agama. Peserta didik SMP dan MTs sama-sama pernah memperoleh materi PAI, hanya saja terdapat perbedaan alokasi waktu dimana peserta didik dari MTs mendapatkan materi PAI lebih banyak dari peserta didik dari SMP. Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tersebut, peneliti melaksanakan penelitian dengan judul “Perbandingan Tingkat Pemahaman Pendidikan Agama Islam berasal dari SMP dan MTs di SMAN 1 Bangsal ”. Penelitian ini ingin untuk mengetahui dan membandingkan: 1) Bagaimana tingkat pemahaman PAI peserta didik dari SMP di SMAN 1 Bangal? 2) Bagaimana tingkat pemahaman PAI peserta didik bersal dari MTs di SMAN 1 Bangsal? 3) Apakah ada perbedaan tingkat pemahaman PAI peserta didik berasal dari SMP dan MTs di SMAN 1 Bangsal? Bertujuan untuk : 1) Untuk mendapati tingkatan pemahaman peserta didik yang asalnya dari sekolah SMP di SMA Negeri 1 Bangsal. 2) Untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik yang asalnya dari sekolah MTs di SMA Negeri 1 Bangsal. 3) Untuk mengetahui perbedaan tingkat pemahaman PAI peserta didik asalnya dari SMP dan MTs di SMA Negeri 1 Bangsal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan komparatif (membandingkan). Teknik pengumpulan data dokumentasi dan tes instrumen. Analisa data terdiri dari uji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji T. Setelah dilaksanakan analisa mendalam, hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Tingkat pemahaman PAI siswa berasal dari SMP paling banyak adalah Cukup yaitu sebanyak 31 (38,8%) dan tidak ada satu pun siswa berasal dari SMP yang memiliki tingkat pemahaman sangat baik terhadap materi Pendidikan Agama Islam. 2) Tingkat pemahaman PAI siswa berasal dari MTs paling banyak memiliki tingkat pemahaman Baik yaitu sebanyak 18 (22,5%) dan terdapat 8 (10%) siswa memiliki tingkat pemahaman Sangat Baik pada materi Pendidikan Agama Islam. 3) Berdasarkan hasil perhitungan T test bahwa “Terdapat perbedaan tingkat pemahaman PAI peserta didik asalnya dari SMP dan MTs di SMA Negeri 1 Bangsal” Dari serangkaian hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam upaya peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan berbagai macam variasi metode dalam pengajaran yang sudah terbukti hal ini dapat meningkatkan pemahaman Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci : Perbandingan, Tingkat Pemahaman, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Tingkat Pemahaman, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Fitria Qurrotun A'yuni
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:21
Last Modified: 24 Nov 2021 07:21
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3319

Actions (login required)

View Item View Item