ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

Alicia, Farida, 51806150007 and Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704 and Anjariyah, Deka, 0712088901 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di kelas VIII F SMP Negeri 1 Puri. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 siswa dengan motivasi belajar tinggi, 1 siswa dengan motivasi belajar sedang dan 1 siswa dengan motivasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes kemampuan numerasi dan wawancara. Data dianalisis berdasarkan indikator kemampuan numerasi siswa yang dimana ada beberapa tahapan yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini kemampuan numerasi siswa dengan motivasi tinggi dalam memecahkan masalah matematika yaitu siswa menuliskan variabel berdasarkan informasi yang didapat, menyebutkan notasi-notasi yang digunakan dalam memecahkan masalah, menjelaskan maksud dari simbol yang dituliskan, menuliskan terkait informasi yang diketahui dan informasi yang ditanyakan, merencanakan strategi yang akan digunakan dalam memecahkan masalah, strategi yang diterapkan siswa tepat dan sesuai dan kesimpulan yang dituliskan sesuai. Kemampuan numerasi siswa dengan motivasi sedang dalam memecahkan masalah matematika yaitu siswa menuliskan variabel berdasarkan informasi yang didapat, menyebutkan notasi-notasi yang digunakan dalam memecahkan masalah, menjelaskan maksud dari simbol yang dituliskan, menuliskan terkait informasi yang diketahui dan informasi yang ditanyakan, merencanakan strategi yang akan digunakan dalam memecahkan masalah, strategi yang diterapkan siswa tepat dan sesuai dan siswa menuliskan kesimpulan yang tidak sesuai. Kemampuan numerasi siswa dengan motivasi rendah dalam memecahkan masalah matematika yaitu siswa menuliskan variabel berdasarkan informasi yang didapat, menyebutkan notasi-notasi yang digunakan dalam memecahkan masalah, menjelaskan maksud dari simbol yang dituliskan, menuliskan terkait informasi yang diketahui dan informasi yang ditanyakan, merencanakan strategi yang akan digunakan dalam memecahkan masalah. Namun, siswa tidak dapat melaksanakan strategi yang direncanakan. Sehingga dalam menuliskan kesimpulan tidak sesuai.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Numerasi, Memecahkan Masalah, Motivasi Belajar
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Alicia Farida
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:21
Last Modified: 06 Sep 2022 07:21
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3885

Actions (login required)

View Item View Item