Kharissa, Kardiansah (2018) PROFIL INTUISI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI TINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Bachelor thesis, Unversitas Islam Majapahit.
|
Text
cover .pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text
BAB 1,2,3.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
||
Text
BAB 4,5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan profil intuisi siswa SMP dengan kemampuan matematika dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pemilihan subjek penelitian yang dilakukan dengan cara memberi tes kemampuan matematika di kelas IX-B SMP Negeri 1 Mojoanyar. Sehingga terpilih tiga orang subjek dengan kemampuan yang berbeda yaitu dengan subjek siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Tahap selanjutnya yaitu memberikan soal tes pemecahan masalah terhadap materi lingkaran yang sudah diajarkan sebelumnya, tes dilakukan bersamaan dengan wawancara yang merupakan tahap ketiga dalam pengambilan data. Untuk menguji kredibilitas data maka peneliti menggunakan triangulasi waktu yaitu memberi subjek soal tes pemecahan masalah yang ke dua pada waktu yang berbeda dengan soal tes pertama. Data hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil tes pemecahan masalah dan wawancara pertama dan kedua. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: Subjek dengan kemampuan matematika tinggi; dalam memahami masalah, menggunakan Klasifikasi Arifmatori, indikator yang digunakan adalah extrapolativeness, coerciveness, dan implicitness. Klasifikasi Antisipatori dengan Indikator pada tahap membuat rencana pemecahan masalah adalah Perseverance dan globality. Klasifikasi Antisipatori dengan Indikator tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah adalah theory status dan globality. Subjek dengan kemampuan matematika sedang; Klasifikasi Arifmatori, indikator dalam tahap memahami masalah adalah self evidance, intrinsic centainty, extrapolativeness, coerciveness, dan implicitness. Klasifikasi Antisipatori dengan Indikator pada tahap membuat rencana pemecahan masalah adalah Perseverance dan globality. Klasifikasi Antisipatori dengan Indikator pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah adalah theory status dan globality. Subjek dengan kemampuan matematika rendah; berdasarkan Klasifikasi Arifmatori, indikator yang muncul dalam tahap memahami masalah adalah self evidance, intrinsic centainty, extrapolativeness, coerciveness, dan implicitness. Klasifikasi Antisipatori dengan Indikator pada tahap membuat rencana pemecahan masalah adalah Perseverance dan globality. Klasifikasi Antisipatori dengan Indikator yang muncul pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah adalah theory status dan globality. klasifikasi pada tahap memeriksa kembali pemecahan masalah adalah klasifikasi konklusif
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | Users 1 not found. |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 12:26 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 06:23 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/39 |
Actions (login required)
View Item |