GAME EDUKASI SEJARAH KLERAJAAN MAJAPAHIT BERBASIS ANDROID

Wibisono, Pratama Bagus and Ronny, Makhfuddin Akbar, 0709078604 and Mimin, Fatchiyatur Rohmah,0706067001 (2023) GAME EDUKASI SEJARAH KLERAJAAN MAJAPAHIT BERBASIS ANDROID. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy

Abstract

Game edukasi memiliki peran penting dalam mengajarkan sejarah kepada generasi muda. Salah satu topik yang menarik untuk dieksplorasi adalah sejarah Kerajaan Majapahit. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan minat anak dalam mempelajari dan mengetahui tentang sejarah Kerajaan Majapahit. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Develophment Lite Cycle (MDLC). Dalam pegengembangan game edukasi sejarah Kerajaan majapahit ini menggunakan engine construct 2. Data diperoleh melalui studi pustaka dari jurnal dan buku. Game edukasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan kepada pengguna. Konten dalam game ini dilengkapi dengan pertanyaan kuis untuk menguji pemahaman pengguna tentang materi sejarah yang telah dipelajari. Evaluasi dilakukan melalui uji coba kepada sekelompok siswa. Dalam uji coba game ini berkategori sangat baik dan baik dengan rincian : (1) persentase 88,7% sangat baik untuk menarik dimainkan, (2) persentase 83,3% sangat baik untuk menarik pengguna untuk mengenal sejarah Kerajaan Majapahit, (3) persentase 84% sangat baik untuk mudah dimainkan, (4) persentase 85,3% sangat baik untuk tampilan game, (5) persentase 83,3% sangat baik untuk kepuasan, (6) presentase 80% sangat baik untuk demo game. Berdasarkan hasil uji coba minat akan mengenal sejarah Kerajaan Majapahit maka game ini sangat baik untuk media menumbuhkan minat akan sejarah Kerajaan Majapahit

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Game Edukasi, Sejarah Kerajaan Majapahit, MDLC, Construct 2, Android.
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Wibisono Pratama Bagus
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:40
Last Modified: 11 Aug 2023 07:40
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4569

Actions (login required)

View Item View Item