PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PURI

Zulaikhah, Siti, 51906150003 and Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704 and Feriyanto, Feriyanto, 0725059001 (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PURI. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

[img] Text
1. ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:mendeskripsikan aktivitas guru dalam penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk mendukung kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Puri, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk mendukung kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Puri, dan mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Puri setelah menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain One Shot Case Stuy. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dan dipilih kelas VIII-A sebanyak 32 siswa sebagai sampel pada penelitian ini. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian ini yaitu keterlaksanaan aktivitas guru mendapatkan nilai 3,69 dalam kategori sangat baik, aktivitas siswa juga mendapatkan nilai 3,69 dalam kategori sangat baik dan hasil tes kemampuan numerasi siswa menunjukkan 15 siswa dengan presentase memiliki kemampuan numerasi tinggi, 11 siswa dengan presentase memiliki kemampuan numerasi sedang dan 6 siswa dengan presentase memiliki kemampuan numerasi rendah. Berdasarkan hasil tes tersebut, jumlah siswa yang memiliki kemampuan numerasi tinggi lebih banyak dari pada siswa yang memiliki kemampuan numerasi sedang maupun rendah sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat mendukung kemampuan numerasi siswa.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Numerasi Siswa
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Zulaikhah Siti
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:17
Last Modified: 05 Sep 2023 07:17
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4920

Actions (login required)

View Item View Item