PERBANDINGAN MINAT BELAJAR SISWA TAHFIDZ DAN NON TAHFIDZ DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL – ICHSAN MOJOKERTO (MINAT BELAJAR SISWA STUDI KOMPARASIONAL)

Nurul Fatihah, Fitriyah, 51905120028 and Muhammad ali rohmad, Ali rohmad/ 0725108601 and Rozi, Syaikhu, 0716018307 (2023) PERBANDINGAN MINAT BELAJAR SISWA TAHFIDZ DAN NON TAHFIDZ DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL – ICHSAN MOJOKERTO (MINAT BELAJAR SISWA STUDI KOMPARASIONAL). Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy

Abstract

Minat belajar adalah keadaan psikologis yang terwujud dalam penekanan seseorang pada tugas belajar dan memperoleh pengetahuan baru guna memenuhi tujuan belajar.Peneliti melakukan penelitian dengan tujuan 1). Untuk Mengetahui Minat Belajar siswa Tahfidz MI Al-Ichsan Mojokerto. 2). Untuk Mengetahui Minat Belajar siswa Non Tahfidz MI Al-Ichsan Mojokerto. 3). Untuk Menganalisis perbandingan Minat Belajar siswa Tahfidz dan Non Tahfidz MI Al-Ichsan.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparasional. Metode pengumpulan data menggunakan instrument angket atau kuesioner, dan wawancara. Analisis data terdiri dari uji validitas dan uji reabilitas, uji prasyarat analisis erdiri dari uji normalitas,uji homogenitas, uji hipotesis/uji T.Hasil penelitian menunjukkan : 1). Minat belajar siswa tahfidz MI AlIchsan memiliki perolehan skor minat belajar siswa tahfidz 726 dengan ratarata 36 dengan interval 30-44 yang termasuk dalam kategori sedang, 2). Minat belajar siswa non tahfidz MI Al-Ichsan memiiki perolehan skor 800 dengan rata-rata 40 dengan interval 30-44 yang termasuk dalam kategori sedang, 3) Perbandingan Minat belajar siswa tahfidz dan non tahfidz berdasarkan hasil uji hipotesis/uji T memiliki perbedaan signifikan karena berada dibawah 0.05 yaitu nilai sig (2-tailed) 0.04 yang artinya tidak ada perbedaan antara siswa Tahfidz dan non tahfidz.Berdasarkan kesimpulan di atas, saran teoritias bagi peneliti selanjutnya yaitu perlu adanya penelitian mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Kemudian untuk membandingkannya dengan menggunakan penelitian kualitatif

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Tahfidz, Non Tahfidz
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Fatihah Fitriyah Nurul
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:05
Last Modified: 07 Sep 2023 02:05
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4942

Actions (login required)

View Item View Item