Bukhori, Akhmad,51905120023 and Syaifuddin, 0713128202 and Syarif, Muhammad, 0712127308 (2023) ANALISIS NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA MATERI AJAR AKIDAH AKHLAK BAB 7 KELAS X MADRASAH ALIYAH. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.
Text
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) | Request a copy |
||
|
Text
Bab 1.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (6kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
Pustaka.pdf Download (2kB) | Preview |
|
Text
Lampiran 1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Akhmad Bukhori 2023. Analisis nilai-nilai moderasi beragama pada materi ajar Akidah Akhlak bab 7 kelas X Madrasah Aliyah . Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Majapahit (UNIM) Pembimbing 1: Dr. SAIFUDDIN, M.Pd.I Pembimbing 2: M. SYARIF , M.Pd.I Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya kebijakan baru yang dicanangkan Menteri Nadiem Makarim yaitu Kurikulum Merdeka Belajar, yang ditujukan untuk mendorong pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didik serta mewujudkan proses pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kompetensi lulusan. Dalam mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar harus memperhatikan langkah-langkah yang diterapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui isi dari materi ajar Akidah Akhlak MA Kelas X yang di tulis oleh Nurul Hidayah . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pustaka Subjek penelitian adalah Materi ajar akidah akhlak keas X pada bab 7, . Teknik pengumpulan data menggunakan referensi daribeberapa buku,artikel dan karya tuls beberapa ahli. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1 Nilai moderasi beragama yang tertuang di bab 7 sudah dianggap cukup sebagai materi dasar mengenalkan moderasi beragama pada siswa kelas X 2. Masih ada beberapa materi yang menrut penulis yang perlu di sampaikan dalam menambah wawasan siswa tentang moderasi.Ketiga merencanakan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Keempat perancangan modul ajar yang sesuai dengan proyek penguatan pelajar Pancasila. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran yang beragam yang disesuaikan dengan materi ajar, seperti diskusi, ceramah, discovery learning, Projek Based Learning (PJBL), problem based learning (PBL), dan Incuary Learning. menggunakan pendekatan terdiferensiasi. Media yang digunakan yang digunakan sudah menggunakan audio, visual. proyek Penguatan profil pelajar Pancasila berupa suara demokrasi. Evaluasi dalam asesmen pembelajaran yang diadakan dengan menggunakan asesmen formatif dan sumatif. (2) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pesantren Terpadu tentunya ada beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya faktor pendukung dan faktor penghambat. Kata Kunci: Pemahaman tentang Materi moderasi beragama bagi siswa kelas X
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman tentang Materi moderasi beragama bagi siswa kelas X |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education |
Depositing User: | Bukhori Akhmad |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 03:12 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 03:12 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5011 |
Actions (login required)
View Item |