PRESTASI BELAJAR SISWA PENGHAFAL AL QUR'AN DI MI MIFTAHUS SHOLAH BALONGMOJO PURI MOJOKERTO

Lukman Hakim, Muhammad 51905120038 and Saifuddin, Saifuddin, 0713128202 and Rohmad, Muhammad Ali, 0725108601 (2023) PRESTASI BELAJAR SISWA PENGHAFAL AL QUR'AN DI MI MIFTAHUS SHOLAH BALONGMOJO PURI MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI LUKMAN-Copy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI LUKMAN-Copy.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI LUKMAN-Copy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI LUKMAN-Copy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 4 SKRIPSI LUKMAN-Copy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN SKRIPSI LUKMAN-Copy.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI LUKMAN-Copy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75MB)

Abstract

Seringkali kita mendengar bahwa setiap penghafal Al Qur’an kerap mengalami kendala tersendiri pada saat meningkatkan prestasi belajar. Nantinya penghafal Al Qur’an juga memiliki suatu keistimewaan karena akan diberi Allah mahkota kemuliaan di akhirat kelak. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar siswa penghafal Al Qur’an di MI Miftahus Sholah Balongmojo Puri Mojokerto dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat siswa penghafal Al Qur’an dalam meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis deskriptif. Suatu pendekatan yang tidak menggunakan hipotesis / dugaan sementara dalam proses analisisnya. Pendekatan fenomenologi berkonsentrasi pada pengalaman pribadi termasuk bagian dari individu yang saling memberikan pengalaman satu sama lainnya. Penelitian ini tujuannya untuk mengkaji dan menganalisis secara mendalam bagaimana prestasi belajar siswa penghafal Al Qur’an beserta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, peneliti dapat mengambil kesimpulan : Pertama, bahwa prestasi siswa penghafal Al Qur’an di MI Miftahus Sholah Balongmojo Puri Mojokerto banyak diraih oleh siswa penghafal Al Qur’an tanpa mengganggu waktu menghafal dan setoran hafalannya. Karena dengan menghafal Al Qur’an daya ingat seorang siswa menjadi lebih baik dan tingkat kecerdasannya meningkat. Kedua, faktor pendukung dan faktor penghambat siswa penghafal Al Qur’an di MI Miftahus Sholah Balongmojo Puri Mojokerto. Adapun faktor pendukung siswa dalam menghafal Al Qur’an terdiri dari ; faktor kesehatan, faktor psikologis, faktor inteligensi (kecerdasan), faktor usia dan faktor lingkungan. Adapun faktor penghambat siswa dalam menghafal Al Qur’an terdiri dari rasa malas, tidak sabar, mudah putus asa, tidak bisa mengatur waktu dan sering lupa.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Hakim Muhammad Lukman
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:05
Last Modified: 19 Sep 2023 04:05
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5012

Actions (login required)

View Item View Item