PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA

Miskawaih, Al Lian, 52006150001 and Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704 and Anjariyah, Deka, 0712088901 (2014) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
1. Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
2. BAB 1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
6. BAB 5.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam penerapan model discovery learning untuk mendukung kemampuan berpikir kritis siswa pada materi statistika, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam penerapan model discovery learning untuk mendukung kemampuan berpikir kritis siswa pada materi statistika dan juga mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menerapkan model discovery learning. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan desain One Shot Case Study. Dalam pemilihan sampel dari suatu populasi peneliti menggunakan metode Simple Random Sampling dan kelas VIII-A terpilih sebagai sampel penelitian dengan jumlah siswa sebanyak 32. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh presentase 92,1% yang termasuk kategori sangat baik dan aktivitas siswa juga mendapatkan presentase 94,1% yang termasuk kategori sangat baik. Hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa setelah menerapkan model pembelajaran discovery learning menunjukkan bahwa 9 siswa memliki kemampuan berpikir kritis sangat tinggi, 14 siswa memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, 1 siswa memiliki kemampuan berpikir kritis sedang, 6 siswa memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dan 2 siswa memiliki kemampuan berpikir kritis sangat rendah. Kemudian juga menghitung kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal dimana siswa yang mendapat nilai minimal pada kategori tinggi atau > 70. Dari data tes kemampuan berpikir kritis terdapat sebanyak 23 siswa dari 32 siswa yang mendapatkan nilai > 70 dalam melaksanakan tes kemampuan berpikir kritis. Kemudian dihitung secara klasikal dengan rumus yang sudah ditentukan yang kemudian memperoleh presentase 71,87% dimana hasil presentase tersebut masuk pada kategori tinggi. Kata Kunci : Discovery Learning; Kemampuan Berpikir Kritis Siswa; Statistika

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Statistika
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Miskawaih Al Lian
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:15
Last Modified: 19 Aug 2024 02:15
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5086

Actions (login required)

View Item View Item