IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PUISI RAKYAT KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PURI (STUDI KASUS)

Islamiyah, Syafila Chabsarotul, 52006130010 and Mardliyah, Asih Andriyati, 0719048903 and Hermawan, Wawan, 0717098801 (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PUISI RAKYAT KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PURI (STUDI KASUS). Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum adalah seperangkat rencana pembelajaran yang ada di sebuah lembaga pendidikan, dan merupakan sebuah hal yang cukup sentral pada sebuah pendidikan formal. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka di SMPN 2 Puri terutama dalam tahap perencanaan, pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia materi puisi rakyat, serta proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan P5, beserta kendala yang dialami. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dua siswa kelas VII-C, serta dua siswa kelas VII-A SMPN 2 Puri. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, serta dokumen. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia meliputi penyusunan perangkat ajar berupa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang disusun berdasarkan kebutuhan peserta didik. Kedua proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia materi puisi rakyat sebagian besar sudah sesuai dengan implementasi kurikulum merdeka dengan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dari peserta didik. Tahap perencanaan dan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang terdiri dari pemilihan dan penyesuaian tema dengan karakteristik peserta didik, serta praktik kewirausahaan yang akan diakumulasi sebagai nilai tambahan bagi peserta didik. Kendala yang dialami oleh satuan pendidikan terkait kendala dalam penerapan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi puisi rakyat serta kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang meliputi, dana operasional sekolah yang masih cukup terbatas dalam memberikan sarana dan prasarana internet dalam menunjang proses pembelajaran, serta pemahaman setiap pendidik mengenai kurikulum merdeka yang masih berbeda-beda. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah, implementasi kurikulum merdeka pada satuan pendidikan SMPN 2 Puri sebagian besar sudah terlaksana secara optimal dengan strategi yang tepat ditengah keterbatasan sekolah. Kata Kunci: kurikulum merdeka, pembelajaran Bahasa Indonesia puisi rakyat, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: kurikulum merdeka, pembelajaran Bahasa Indonesia puisi rakyat, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Islamiyah Syafila Chabsarotul
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:37
Last Modified: 19 Aug 2024 07:37
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5094

Actions (login required)

View Item View Item