Falahiyah, Fina, 52005120008 and Saifuddin, 0713128202 and Rozi, Syaikhu, 0716018307 (2024) PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN SEBAGAI MEDIA DUKUNG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA TUNAGRAHITA DI SLB PGRI DLANGGU. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (149kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah Luar Biasa (SLB) merupakan sebuah institusi yang diperuntukkan khusus bagi anak-anak berkebutuhan khusus atau Siswa Disabilitas dimana setiap anak karakteristiknya harus dipahami satu persatu dan tiap anak memiliki treatment khusus sesuai kebutuhannya. Terutama pada mata pelajaran PAI yang dimana pengajarannya menganai praktik-parktik ibadah dalam kehidupan, memilih siswa dengan Hendaya Tunagrahita merupakan suatu hal yang menarik, karena dengan kondisi IQ dibawah rata-rata, siswa tetap diajarkan parktik-paraktik kehidupan dan beribadah. Selain itu, Guru wajib menyampaikan materi penuh dengan cara yang inovatif untuk menarik fokus belajar Siswa Tunagrahita, karena dengan metode ceramah saja rasanya kurang mampu untuk membuat siswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran, mengingat bahwasannya kemampuan Siswa di bawah rata-rata, dengan demikian penulis memiliki fokus penelitian sebagai berikut : 1) Karakteristik siswa Tunagrahita di SLB PGRI Dlanggu dalam meghadapi proses pembelajaran, 2) Penggunaan video pembelajaran sebagai media dukung pada pembelajaran Agama Islam yang sesuai dengan Siswa Tunagrahita di SLB PGRI Dlanggu. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Kualitatif dengan pendekatan penelitian Studi Kasus. Dalam prosedur pengumpulan data penulis menggunakan observasi partisipatif, wawancara semiterstruktur (Semistructure Interview), dan studi dokumentasi. Analisis data mencakup tiga tahapan yang saling terkait yakni, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan/Verifikasi. Setelah analisis mendalam dilakukan, hasil penelitian mengungkapkan bahwasannya berlandaskan pada hasil observasi serta wawancara yang ada, karakteristik Siswa Tunagrahita berdasarkan IQ terbagi menjadi 3 bagian, memiliki kemampuan akademik tidak sama dengan anak seusianya, memiliki tingkat sosial/emosional yang kerap kali tidak dapat terkontrol, serta tingkat ekonomi keluarga Siswa dapat berpengaruh untuk mendukung pendidikan Siswa, menganalisis bahwasannya video pembelajaran sebagai media dukung mendapat dukungan dari Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum karena menarik dan membangkitkan gairah belajar Siswa Tunagrahita asalkan Guru konsisten Siswa akan mengingat materi pembelajaran, serta akan ada perbaikan dalam pembelajaran yang telah diterapkan.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Tunagrahita, Media Dukung, PAI |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education |
Depositing User: | FALAHIYAH FINA |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 07:47 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 07:47 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5266 |
Actions (login required)
View Item |