PENGARUH REMAPING ECU TERHADAP PERFORMA KINERJA MESIN BENSIN 4 LANGKAH EFI

Samsudin, Mohamad and Rijanto, Achmad, 0703057001 and Dyah, Atika Isnaining, 0712049502 (2024) PENGARUH REMAPING ECU TERHADAP PERFORMA KINERJA MESIN BENSIN 4 LANGKAH EFI. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Remapping pada sistem ECU EFI, dapat memberikan berbagai manfaat positif bagi performa mesin kendaraan. Hal ini termasuk peningkatan daya dan torsi untuk kinerja yang lebih responsif, mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sehingga lebih efisien, dan mempercepat respons sensor dan aktuator yang berinteraksi dengan ECU sebagai kontrol utama pada kendaraan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh remapping ECU terhadap perubahan torsi dan daya pada sepeda motor Honda CB 150 R. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode eksperimental. Metode ini difokuskan pada pengujian efek atau pengaruh satu variabel terhadap variabel lainnya. Variabel yang diteliti mencakup remapping pada RPM 11500, 12000, 12500 dan 13000. Pengujian dilakukan menggunakan dynamometer dengan menggunakan percepatan gigi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sepeda motor Honda CB 150 R dengan ECU standar menghasilkan daya puncak 17,7 HP pada 10000 RPM dan torsi maksimum 14,10 Nm pada 8000 RPM. Setelah dilakukan remapping ECU pada variabel RPM 13000, tercatat peningkatan daya menjadi 18,2 HP pada 10000 RPM, sementara torsi maksimum mencapai 14,29 Nm pada 8000 RPM. Peningkatan ini mengindikasikan perbedaan dalam daya sebesar 0,5 HP dan torsi sebesar 0,19 Nm. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa remapping ECU pada Honda CB 150 R dapat meningkatkan kinerja sepeda motor dengan pengaruh yang signifikan terhadap torsi dan daya yang dihasilkan.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Daya, Dynamometer, Remaping ECU, Torsi
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Divisions: Faculty of Engineering > Mechanical Engineering
Depositing User: Samsudin Mohamad
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:21
Last Modified: 18 Sep 2024 03:21
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5496

Actions (login required)

View Item View Item