Analisis Sentimen Terhadap Kualitas Fitur Aplikasi Mobile Banking Dengan Metode Logistic Regression

Agil, Aryanusa, 52104110002 and Ronny, Makhfuddin Akbar, 0709078604 and Yanuarini, N.S., 0714018304 (2025) Analisis Sentimen Terhadap Kualitas Fitur Aplikasi Mobile Banking Dengan Metode Logistic Regression. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya pertumbuhan teknologi digital mendorong peningkatan penggunaan aplikasi mobile banking di Indonesia. Namun, kendala pada fitur-fitur aplikasi seperti error dan lambatnya respon sistem sering kali mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna terhadap kualitas fitur aplikasi mobile banking menggunakan metode Logistic Regression. Studi dilakukan terhadap empat aplikasi mobile banking terpopuler, yaitu Blu by BCA, BRImo, BNI Mobile Banking, dan Livin by Mandiri, dengan total 200.000 ulasan yang diperoleh melalui teknik web scraping dari Google Play Store. Data ulasan diproses melalui tahapan preprocessing teks meliputi cleaning, case folding, tokenization, stemming, hingga pembobotan menggunakan TF-IDF. Penilaian sentimen dilakukan dengan pendekatan lexicon untuk menentukan arah opini. Hasil evaluasi model menunjukkan bahwa metode Logistic Regression mampu mengklasifikasikan sentimen dengan rata-rata nilai akurasi 92.75%, presisi 92.41%, recall 92.49%, dan F1-Score 92.24%. Temuan ini mengindikasikan bahwa Logistic Regression efektif dalam mengekstraksi persepsi pengguna terhadap fitur mobile banking, sehingga dapat dijadikan acuan dalam peningkatan kualitas layanan digital perbankan.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Mobile Banking, Logistic Regression, TF-IDF, Lexicon, Klasifikasi.
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Aryanusa Agil
Date Deposited: 11 Aug 2025 01:47
Last Modified: 11 Aug 2025 01:47
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5872

Actions (login required)

View Item View Item