ANALISIS PENGUASAAN KOSAKATA DAN TATA BAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI KELAS X MAN KOTA MOJOKERTO

putri, reisya diva maharani,52106130015 and Mardliyah, Asih Andriyati,0719048903 and Jayanti, Rani, 0709099004 (2025) ANALISIS PENGUASAAN KOSAKATA DAN TATA BAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI KELAS X MAN KOTA MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
01. ABSTRACT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang kompleks dan penting dalam pengembangan literasi peserta didik, khususnya dalam konteks penulisan teks negosiasi yang menuntut penggunaan kosakata yang variatif serta struktur bahasa yang logis dan persuasif. Namun, kenyataannya, banyak peserta didik masih mengalami kesulitan dalam menulis teks negosiasi secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana penguasaan kosakata dan tata bahasa Indonesia berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X MAN Kota Mojokerto. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui analisis hasil tulisan peserta didik, wawancara dengan guru dan siswa, serta observasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memiliki keterbatasan dalam penggunaan kosakata dan penerapan tata bahasa yang tepat. Dari aspek penguasaan kosakata, sebagian besar siswa masih berada pada kategori sedang. Lalu dari aspek penguasaan tata bahasa, kemampuan siswa juga masih dalam kategori cukup. Hal ini berdampak pada kualitas teks negosiasi yang tidak kohesif, kurang argumentatif, dan tidak memenuhi struktur ideal. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penguasaan kosakata dan tata bahasa berperan penting dalam mendukung keterampilan menulis teks negosiasi. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang menekankan pada praktik menulis dan pengayaan linguistik perlu diterapkan secara konsisten

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: kosakata, tata bahasa, teks negosiasi, keterampilan menulis.
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Putri Reisya Diva Maharani
Date Deposited: 20 Aug 2025 01:53
Last Modified: 20 Aug 2025 01:53
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6117

Actions (login required)

View Item View Item