REPRESENTASI KASIH SAYANG AYAH PADA ANAK DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM MIRACLE IN CELL NO.7 KARYA HANUNG BRAHMANTYO (KAJIAN : PSIKOSOSIAL ERIK ERIKSON)

Cahyani, Sofi Ullanuha, 52106130018 and Mardliyah, Asih Andriyati,0719048903 and Jayanti, Rani, 0709099004 (2025) REPRESENTASI KASIH SAYANG AYAH PADA ANAK DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM MIRACLE IN CELL NO.7 KARYA HANUNG BRAHMANTYO (KAJIAN : PSIKOSOSIAL ERIK ERIKSON). Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK..pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi kasih sayang ayah pada anak dan nilai pendidikan karakter dalam film Miracle in Cell No. 7 karya Hanung Bramantyo dengan menggunakan kajian psikososial Erik Erikson. Fokus kajian diarahkan pada hubungan emosional antara tokoh Dodo Rozak dan putrinya, Kartika, serta nilai-nilai pendidikan karakter yang tercermin melalui alur cerita, dialog, dan visualisasi film. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kualitatif dengan pendekatan deskriptif-interpretatif. Data diperoleh melalui transkrip dialog film yang kemudian dianalisis berdasarkan kategori tahapan perkembangan psikososial Erikson dan konsep pendidikan karakter menurut Thomas Lickona. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan ayah-anak dalam film direpresentasikan melalui kasih sayang yang tulus, pengorbanan, dan perlindungan, yang selaras dengan tahap perkembangan psikososial trust vs. mistrust serta intimacy vs. isolation. Selain itu, film ini memuat nilai-nilai pendidikan karakter seperti kasih sayang, tanggung jawab, kejujuran, dan empati yang relevan untuk pembelajaran karakter di lingkungan pendidikan. Temuan ini memperkuat pandangan bahwa media film dapat menjadi sarana efektif dalam menanamkan nilai moral dan membentuk kepribadian positif.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, psikososial Erikson, Miracle in Cell No.7
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Cahyani Sofi Ullanuha
Date Deposited: 20 Aug 2025 08:54
Last Modified: 20 Aug 2025 08:54
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6148

Actions (login required)

View Item View Item