Dini, Rafika, 52106130010 and Suwandana, Engkin, 0711038304 and Afkar, Taswirul, 0726018705 (2025) ANALISIS PSIKOLOGI EKSISTENSIAL VIKTOR E. FRANKL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HECTOR AND THE SEARCH FOR HAPPINESS KARYA FRANÇOIS LELORD. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
![]() |
Text
COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (297kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB IV HASIL PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis psikologi eksistensial dan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Hector and the Search for Happiness karya François Lelord dengan menggunakan teori logoterapi Viktor E. Frankl serta konsep pendidikan karakter Thomas Lickona. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama, Hector, mengalami existential vacuum berupa krisis makna, kegelisahan, dan keraguan terhadap profesinya yang berkembang menjadi neurosis noögenik. Penelitian ini menemukan empat data yang berkaitan dengan permasalahan eksistensial, yang terbagi ke dalam dua jenis, yaitu existential vacuum dan neurosis noögenik. Selanjutnya, ditemukan sembilan data yang mencerminkan prinsip logoterapi, terbagi dalam tiga bentuk: kehendak untuk makna, kebebasan berkehendak, dan makna dalam penderitaan. Selain itu, terdapat 20 data yang menggambarkan upaya menemukan makna hidup melalui tiga nilai, yaitu nilai kreatif, nilai pengalaman, dan nilai bersikap. Dinamika psikologis Hector selaras dengan tiga prinsip utama logoterapi Frankl, yakni kehendak untuk makna, kebebasan berkehendak, dan makna dalam penderitaan, yang kemudian diwujudkan melalui nilai kreatif, nilai pengalaman, dan nilai bersikap. Di sisi lain, nilai pendidikan karakter menurut Lickona juga tercermin dalam novel ini, dengan sebaran data pada tiga aspek: moral knowing ditemukan 8 data, moral feeling terdapat 8 data, dan moral action 3 data. Kata Kunci: logoterapi, eksistensial, makna hidup, pendidikan karakter, novel, francois lelord.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | logoterapi, eksistensial, makna hidup, pendidikan karakter, novel, francois lelord. |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education |
Depositing User: | Dini Rafika |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 07:51 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 07:51 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |