KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ)

cahyaningati, endah, 51506150010 and anjariyah, deka, 0712088901 and feriyanto, muhammad, 0725059001 (2019) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
1. judul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
2.BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB II.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
4.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
5.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
6.BAB V.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
8.lampiran lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7.Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan soal Open Ended ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas VII C SMP Negeri 1 Kemlagi. Siswa penelitian terdiri dari satu siswa kategori Climber, satu siswa kategori Camper, dan satu siswa kategori Quitter. Pemilihan siswa berdasarkan jumlah skor AQ dengan mempertimbangkan nilai rapot dan kemampuan komunikasi siswa. Instrumen penelitian terdiri dari Angket Respon Profile (ARP), soal Open Ended, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: siswa climber mengelompokkan informasi yang diterima dengan mengamati gambar kemudian membaca soal, menjelaskan gambar yang terdapat pada soal adalah bangun jajar genjang, menjelaskan lebih detail tentang pernyataan pada soal, memeriksa informasi pada soal untuk menentukan strategi, mengidentifikasi hubungan antar ide, memeriksa kebenaran mengenai strategi yang digunakan. Climber dapat menjawab dengan tiga cara, memiliki sifat ulet gigih dan memiliki keberanian untuk menyelesaikan persoalan yang berbeda dengan siswa lainnya. Siswa camper mengelompokkan informasi yang didapatkan dengan membaca soal berulang-ulang, menjelaskan lebih detail tentang pernyataan pada soal, memeriksa informasi pada soal untuk menentukan strategi, mengidentifikasi hubungan antar ide, memeriksa kebenaran mengenai strategi yang digunakan. Siswa camper menjawab dengan dua cara, merasa puas dengan apa yang mereka kerjakan dan kerap mengabaikan kemungkinan-kemungkinan yang akan didapat. Siswa quitter mengelompokkan informasi yang diterima dengan mengamati gambar kemudian membaca perintah pada soal, tidak menuliskan yang ditanyakan karena lupa, menjelaskan lebih detail tentang pernyataan pada soal, memeriksa informasi pada soal untuk menentukan strategi, mengidentifikasi hubungan antar ide, memeriksa kebenaran mengenai strategi yang digunakan. Siswa quitter menjawab dengan satu cara saja, memiliki sifat mudah menyerah ketika menemukan kesulitan dan berhenti tanpa dibarengi usaha.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Soal Open Ended, Adversity Quotient (AQ)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Endah Nur Cahyaningati
Date Deposited: 16 Jun 2020 21:22
Last Modified: 16 Jun 2020 21:22
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item