PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 1 MOJOANYAR PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL

Hartining, Hartining, 5.14.06.15.0.012 and Oktaviana. E.P, M,Pd, Rizky, 0703108801 and Anjariyah, S.Si, M.Pd, Deka, 0712088901 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 1 MOJOANYAR PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT.

[img]
Preview
Text
COVER PDF.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, untuk mengetahui aktifitas siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan mengetahui hasil belajar siswa dari pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Manfaat dari penelitian ini adalah bagi guru meningkatkan kinerja guru dalam perbaikan kualitas pembelajaran dan menerapkan model pembelajaran. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mojoanyar dan peneliti sebagai observer dalam melaksanakan pembelajaran. Instrument yang perlu digunakan adalah lembar observasi pengelolaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar siswa, dan LKS. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memperoleh skor 75% pada pertemuan pertama dan 83,9% pada pertemuan kedua, berdasarkan rata-rata pertemuan pertama dan kedua diperoleh skor 79,5% dapat dikategorikan cukup. Aktifitas siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe jigsawadalah pada peretemuan pertama 92% dan pada pertemuan kedua 95%, berdasarkan rata-rata pertemuan pertama dan kedua diperoleh skor 93,5% dapat dikategorikan berhasil. Hasil belajar siswa dari 32 siswa terdapat 26 siswa yang tuntas dan 6 siswa tidak tuntas. Sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 87,5% dan dikategorikan tuntas.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Kooperatif, Jigsaw
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Unnamed user with username 51406150012
Date Deposited: 16 Jun 2020 06:28
Last Modified: 16 Jun 2020 06:28
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/845

Actions (login required)

View Item View Item