EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI KITAB KUNING PADA SANTRI DI ERA DIGITAL DI PP DARUL QURAN KOTA MOJOKERTO

Abidin, Zaenal, 51905120046 (2023) EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI KITAB KUNING PADA SANTRI DI ERA DIGITAL DI PP DARUL QURAN KOTA MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
sampul skripsi terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.docx

Download (29kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Hakim, Zaenal Abidin , 2023. “Efektivitas Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Memahami Kitab Kuning Pada Santri Di Era Digital Di PP Darul Quran Kota Mojokerto”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Majapahit. Pembimbing I : Dr. Saifuddin, S.Pd.I., M.A. Pembimbing II : Dr. Ainul Yaqin, M.Pd.I. Pesantren adalah institusi pendidikan Islam di Indonesia. Metode sorogan merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pengajaran kitab kuning di era digital di PP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto. Metode ini melibatkan interaksi tatap muka antara kiai dan santri. Dan juga metode ini membutuhkan kesabaran, kedisiplinan, keikhlasan, dan kerajinan yang tinggi, meskipun dapat diterapkan di era digital, namun perlu mempertimbangkan kendala waktu dan tenaga. Penelitian tentang efektivitas metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca dan memahami kitab kuning di era digital di PP Darul Quran The Islamic Boarding School Kota Mojokerto belum dilakukan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode sorogan tersebut dan memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi untuk memahami pengalaman individu dalam menggunakan metode sorogan dan dampaknya terhadap kemampuan membaca dan pemahaman kitab kuning. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang strategi pembelajaran kitab kuning dan kualitas pendidikan di pondok pesantren. Dalam hasil penelitian Di Pondok Pesantren Darul Quran Kota Mojokerto menemukan bahwa metode sorogan telah diterapkan sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif untuk membantu santri dalam membaca dan memahami kitab kuning. Metode ini melibatkan santri dalam membaca teks secara bergantian di hadapan kelompok, sambil didampingi oleh seorang guru. Proses sorogan dimulai dengan pemilihan teks yang akan dipelajari, yang kemudian dibagikan kepada santri. Selanjutnya, santri secara bergantian membaca teks tersebut di hadapan kelompok, dengan bimbingan dan koreksi dari guru. Hal ini membantu santri untuk mengembangkan kemampuan membaca dengan lancar dan menggunakan kaidah bahasa Arab yang benar. Selama sesi sorogan, santri juga diajak untuk saling berinteraksi dan berpartisipasi aktif. Mereka dapat bertanya, berdiskusi, dan memberikan tanggapan terhadap teks yang sedang dibaca. Interaksi ini membantu meningkatkan pemahaman santri terhadap materi yang dipelajari serta mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum. Metode sorogan juga memberikan manfaat lainnya. Selain meningkatkan kemampuan membaca dan memahami kitab kuning, metode ini juga membantu membentuk pola pikir kritis, kerja sama, dan kemandirian belajar santri. Santri juga mendapatkan umpan balik dari guru berdasarkan hasil evaluasi, sehingga mereka dapat melihat perkembangan dan area yang perlu diperbaiki. Penerapan metode sorogan di Pondok Pesantren Darul Quran Kota Mojokerto telah terbukti efektif. Namun, evaluasi terus dilakukan untuk memperbaiki metode ini dan mengoptimalkan manfaatnya dalam pembelajaran kitab kuning. Pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan inklusif juga menjadi pertimbangan untuk menjawab kebutuhan dan tantangan pembelajaran di era modern. Kata Kunci : Metode Sorogan, Kitab Kuning, Era Digital

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Sorogan, Kitab Kuning, Era Digital
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Bahan Ajar Dosen > Presentation
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Abidin Zaenal
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:44
Last Modified: 15 Sep 2023 03:44
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4977

Actions (login required)

View Item View Item