Syafutri, Ma’rifatul and Imanah, Ulil Nurul and Putri, Rizky Oktaviana Eko (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN CASHIER MATHEMATICS (CAMATH) BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE CC 2018 PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
Cover, abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran1-16.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 17-25.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 26-31.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 32-37.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan multimedia pembelajaran Cashier Mathematics (CAMATH) berbasis android menggunakan adobe animate CC 2018 pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Objek penelitian ini adalah multimedia pembelajaran CAMATH berbasis android dan subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B MTs Roudlotun Nasyiin tahun ajaran 2018/2019. Istrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi untuk ahli media, lembar validasi untuk ahli materi, lembar angket respon peserta didik, RPP, lembar obserasi keterlaksanaan pembelajaran, dan soal tes hasil belajar. Proses pengembangan multimedia pembelajaran Cashier Mathematics (CAMATH) berbasis android menggunakan adobe animate CC 2018 pada materi aritmatika sosial ini dimulai dengan fase analisis, yaitu analisis kurikulum, analisis kebutuhan, analisis karakteistik peserta didik, dan analisis tugas. Fase selanjutnya yaitu fase menyusun rancangan multimedia pembelajaran CAMATH berbasis android, fase selanjutnya adalah fase pengembangan fase pembuatan produk multimedia pembelajaran CAMATH berbasis android yang disebut prototipe 1 yang kemudian akan divalidasi oleh dua validator selanjutnya fase implementasi, fase ini dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan multimedia pembelajaran CAMATH berbasis android. Hasil penelitian pengembangan ini berupa multimedia pembelajaran CAMATH berbasis android yang dapat diunduh melalui whatsApp, bluetooth, SHAREit, e-mail yang memenuhi kriteria valid dengan rata-rata total validitas sebesar 3,76 dengan kategori sangat valid dari segi materi dan mendapatkan hasil rata-rata total validitas sebesar 3,67 dengan kategori sangat valid dari segi media, dinyatakan praktis dengan kategori penilaian B yang artinya multimedia pembelajaran CAMATH berbasis android yang dikembangkan dapat digunakan di lapangan dengan sedikit revisi, mendapat rata-rata total keterlaksanaan pembelajaran dari pengamat 1 adalah 88,89% dengan kategori sangat kuat, sedangkan rata-rata total keterlaksanaan pembelajaran dari pengamat 2 adalah 90% dengan kategori sangat kuat, dan dinyatakan efektif dengan mendapatkan respon positif dari peserta didik sebesar 77% dan tes hasil belajar peserta didik mendapatkan presentase Ketuntasan Secara Klasikal (KSK) sebesar 80,76%.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Pembelajaran, Cashier Mathematics (CAMATH), Aritmatika Sosial |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | Marifatul Syafutri |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 06:32 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 06:32 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1669 |
Actions (login required)
View Item |