STUDI LITERATUR KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E

Ratnasari, Inne, 51606150010 and Feriyanto, 0725059001 and Wiyono, Hari Joko, 0704117505 (2020) STUDI LITERATUR KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan model pembelajaran Learning Cycle 7E dalam pembelajaran matematika yang mendukung kemampuan komunikasi matematis, 2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan analisis isi (Content Analysis) dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Setiap tahapan pada model pembelajaran Learning Cycle 7E mampu mendukung kemampuan komunikasi matematis siswa. Tahapan dari model pembelajaran Learning Cycle 7E yaitu : a. Elicit. Fase ini dilakukan untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik dengan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan konsep yang dipelajari kepada peserta didik, peserta didik dapat mengajukan pendapat berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari. b.Engagement. Fase dimana peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapat dan jawaban atas pertanyaan pada fase elicit.Guru dapat menyajikan demonstrasi yang berhubungan dengan materi yang dipelajari untuk membangkitkan motivasi dan keingintahuan peserta didik. c.Exploration Fase ini peserta didik merancang kegiatan eksperimen, melakukan pengumpulan data yang didapatkan saat eksperimen, serta menganalisis dan menginterpretasikan data yang diperoleh. d.Explaination Fase ini peserta didik melakukan presentasi untuk menjelaskan hasil eksperimen yang diperoleh dan melakukan diskusi untuk mengungkapkan argumen masing-masing kelompok. e.Elaboration. Fase ini peserta didik menerapkan pengetahuan baru untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru terkait materi yang telah dipelajari. f. Evaluation. Fase ini guru memberikan evaluasi formatif atau sumatif terhadap konsep yang telah dipelajari, peserta didik dapat menjawab pertanyaan lisan yang diajukan guru. g.Extend. Fase ini dapat dilakukan dengan memberikan pertanyaan untuk membantu peserta didik menghubungkan konsep yang dipelajari dengan konsep yang lain serta mengajukan pertanyaan tambahan yang sesuai dan berhubungan dengan kehidupan sehari-hari sebagai aplikasi konsep dari materi yang dipelajari 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional, model pembelajaran PBL maupun model pembelajaran langsung.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Praktikum, Web
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Aktifitas Ratnasari Sr
Date Deposited: 04 Dec 2020 04:44
Last Modified: 04 Dec 2020 04:44
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/2422

Actions (login required)

View Item View Item