ANALISIS BERPIKIR EVALUATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GENDER

Mayasari, Elva 51706150002 and Rahayuningsih, Suesthi 0706097704 and Wiyono, Hari Joko 0704117505 and Anjariyah, Deka 0712088901 (2021) ANALISIS BERPIKIR EVALUATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GENDER. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wydiana, Elva. 2021. Analisis Berpikir Evaluatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Gender. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Universitas Islam Majapahit. Pembimbing : (I) Suesthi Rahayuningsih, S.Si., M.Pd., dan (II) Hari Joko Wiyono, M.Sc. Kata Kunci: Berpikir Evaluatif Matematika, Gender Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir evaluatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas 8A SMP Neger 1 Mojoanyar. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan yang ditentukan oleh nilai raport matematika semester dua dan juga rekomendasi dari guru matematika terkait berkomunikasi dengan baik di kelas. Instrumen penelitian terdiri dari Tes Berpikir Evaluatif Matematika (TBEM) dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh maka didapat hasil sebagai berikut: subjek laki-laki pada indikator memeriksa (checking) subjek menjelaskan informasi yang diperoleh dari soal, subjek menjelaskan memperoleh informasi tersebut dari soal yang telah diberikan, subjek menjelaskan strategi yang direncanakan yaitu metode campuran serta subjek menjelaskan strategi yang direncanakan tersebut sudah tepat untuk menyelesaikan soal yang diberikan, subjek menjelaskan bahwa strategi yang direncanakan yaitu metode campuran diterapkan dalam menyelesikan soal serta subjek menjelaskan proses penerapan startegi tersebut dan subjek menjelaskan bahwa hanya dengan metode campuran yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal yang telah diberikan. Pada indikator mengkritisi (critiquing) subjek menjelaskan bahwa dengan menggunakan strategi tersebut dapat dan sudah tepat untuk menyelesaikan soal, subjek menjelaskan tidak perlu melakukan pengecekan ulang hasil pekerjaanya dan subjek juga menjelaskan bahwa tidak membuat kesimpulan dari soal yang diberikan tersebut. Subjek perempuan pada indikator memeriksa (checking) subjek menjelaskan informasi yang diperoleh dari soal, subjek juga menuliskannya secara rinci seperti informasi yang didapat dari soal yang telah berikan, subjek menjelaskan memperoleh informasi tersebut dari soal yang diberikan, strategi yang direncanakan oleh subjek yaitu metode campuran, serta subjek menjelaskan strategi yang direncanakan tersebut yaitu metode campuran sudah tepat untuk menyelesaikan soal yang diberikan, subjek menjelaskan bahwa startegi yang direncanakan yaitu metode campuran diterapkan dalam menyelesikan soal, serta subjek menjelaskan penerapan strategi tersebut dan subjek menjelaskan bahwa terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal yang telah diberikan tersebut yaitu metode campuran, metode eliminasi, dan metode substitusi. Pada indikator mengkritisi (critiquing) subjek menjelaskan bahwa dengan menggunakan strategi tersebut dapat dan sudah tepat untuk menyelesaikan soal yang diberikan, subjek menjelaskan bahwa perlu melakukan pengecekan ulang hasil pekerjaanya dan subjek juga membuat kesimpulan dari soal yang diberikan tersebut.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Evaluatif Matematika, Gender
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Analisis B Mayasari, Elva Wydiana Rahayuningsih, Suesthi
Date Deposited: 08 Nov 2021 06:16
Last Modified: 08 Nov 2021 06:16
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3060

Actions (login required)

View Item View Item