ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA MTS DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Ningsih, Iin Purnamawati, 51706150005 and Feriyanto, 0725059001 and Imanah, Ulil Nurul, 0711128701 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA MTS DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa MTs yang memiliki tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal geometri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII-A MTsN 1 Mojokerto. Pemilihan subjek didapatkan dari hasil nilai rapor semester genap dan memperhatikan komunikatif subjek dengan meminta pendapat dari guru. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa dengan kemampuan matematika tinggi, satu siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan satu siswa dengan kemampuan matematika rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara sedangkan instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan numerasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: Subjek dengan kemampuan matematika tinggi menyebutkan angka yang digunakan dalam menyelesaikan soal, menggunakan informasi yang ditampilkan dalam bentuk gambar dan tabel untuk menjawab pertanyaan, serta dapat mengambil kesimpulan dari hasil analisisnya. Sedangkan subjek dengan kemampuan matematika sedang dan rendah hanya dapat menyebutkan angka yang digunakan dalam menyelesaikan soal, pada saat menganalisis informasi kedua subjek salah dalam menuliskan rumus sehingga mengakibatkan kesalahan dalam penyelesaian dan membuat mereka tidak dapat mengambil keputusan.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Numerasi, Geometri, Kemampuan Matematika
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: IinPurnamawati Ningsih
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:07
Last Modified: 26 Nov 2021 02:07
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3387

Actions (login required)

View Item View Item