STRATEGI PEMASARAN SAYUR ORGANIK (Studi pada Komunitas Organik Brenjonk Desa Penanggungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto)

sholikah, fajar, 51602030025 (2021) STRATEGI PEMASARAN SAYUR ORGANIK (Studi pada Komunitas Organik Brenjonk Desa Penanggungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto). Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan : (1) Strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang diterapkan oleh Komunitas Organik Brenjonk; (2) Penentuan alternatif strategi bauran pemasaran (marketing mix) baru untuk Komunitas Organik Brenjonk. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data kualitatif tersebut dapat diperoleh dengan melakukan observasi langsung dan melakukan FGD (Focus Group Discussion) dengan pihak yang mengetahui secara keseluruhan tentang manajemen pemasaran sayur organik pada Komunitas Organik Brenjonk. Informan kunci dari penelitian ini adalah 20 orang yang merupakan anggota dan konsumen dari Komunitas Organik Brenjonk. Tahap akhir menguji keabsahan data dengan Triangulasi Data. (1) Penerapan strategi bauran pemasaran (marketing mix) pada Komunitas Organik Brenjonk: Strategi produk dengan produk yang terjamin murni organik karena memiliki sertifikat organik, halal dan juga sudah memiliki ijin edar. Strategi harga dengan pemberian diskon maupun harga khusus terhadap konsumen. Strategi tempat/ saluran distribusi dengan penjualan secara online maupun offfline dengan pengiriman dilakukan oleh pihak Brenjonk sendiri. Strategi Promosi dengan dengan memperkenalkan produk Brenjonk secara langsung maupun tidak langsung. (2) Alternatif strategi bauran pemasaran (marketing mix) baru yang dapat diterapkan oleh Komunitas Organik Brenjonk adalah dengan menyediakan produk Brenjonk yang semakin bervariatif, dapat memberikan harga yang sama dengan harga sayuran pada umumnya di pasaran, dapat dilakukan penambahan transportasi khusus agar pengiriman bisa lebih cepat, dan dapat memaksimalkan media sosial untuk mempromosikan produk dari Komunitas Organik Brenjonk.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Sayuran Organik, Komunitas Organik Brenjonk, bauran pemasaran, strategi
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Faculty of Economics > Management
Depositing User: Sholikah Fajar
Date Deposited: 01 Dec 2021 08:10
Last Modified: 01 Dec 2021 08:10
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3538

Actions (login required)

View Item View Item